9 Fakta tentang Rich Brian, Rapper Indonesia yang Tembus Musik Internasional

Fajar Adityo Nugroho ยท Senin, 08 Juli 2019 - 11:42 WIB
9 Fakta tentang Rich Brian, Rapper Indonesia yang Tembus Musik Internasional

Rich Brian saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu 7 Juli 2019. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Karier Rich Brian begitu cemerlang di ranah musik internasional. Dia mendapat sorotan serta kritik bagus dari para rapper dunia saat single Dat $tick keluar.

Siapa sangka jika sebelumnya dia tak ada niatan untuk terjun ke dunia musik. Bahkan, pemilik nama asli Brian Imanuel Soewarno ini belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Namanya belakangan ini dibicarakan seiring single terbarunya Yellow keluar pada 26 Juni lalu. Apalagi dia baru bertemu dan berbincang langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, ditemani oleh keluarganya sekaligus Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Minggu 7 Juli 2019.

Berikut fakta-fakta unik Rich Brian yang iNews.id kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Tak Berkeinginan Jadi Rapper

Rich Brian menyukai musik rap, namun dia tak memiliki keinginan untuk menjadi seorang rapper. Dia berkeinginan menjadi sinematografi dan video klip Dat $tick merupakan salah satu karyanya.

Tanpa disangka, klip yang diunggah pada Februari 2016 meledak dan mendapat respons dari rapper dunia seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Cam'ron, Desiigner, dan banyak lagi.

2. Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Brian mengakui belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan menonton video di YouTube. Selain itu, dia juga belajar dengan mendengarkan lagu dari rapper idolanya seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, dan Tyler The Creator.

Pria 19 tahun ini kemudian berlatih bernyanyi rap dengan lagu Thrift Shop, yang dipopulerkan oleh Macklemore. Hal ini membuat dia lancar dalam mengucapkan kata secara cepat dan penuh irama.

3. Bangga sebagai Orang Indonesia

Meski kariernya melesat di Amerika, Rich Brian masih bangga mengatakan kalau dia adalah orang Indonesia yang keturunan China. Dia sempat menyesal saat pertama kali memakai nama Rich Chigga yang menurutnya adalah kesalahan dan bukan menjadi dirinya yang sesungguhnya.

Brian pun memutuskan untuk menggunakan nama Rich Brian sebagai nama panggungnya setelah berbagai pertimbangan dari manajemen dan label. Meski berganti nama, tak membuat kariernya berubah dan tetap sukses hingga di seluruh dunia.

4. Berkesempatan Tur Amerika

Meledaknya single Dat $tick membuka jalan karier bagi Rich Brian. Dia berkesempatan menggelar tur di Amerika. Sebuah kesempatan yang langka, khususnya untuk artis Asia di luar Amerika.

Tidak semua musisi atau artis bisa dengan mudah menjalani tur di Amerika Serikat. Pasar musik Amerika Serikat yang sangat ketat membuat banyak musisi yang akhirnya menyerah.

Rich Brian menggelar tur Amerika pada 2017 dan tampil bukan di hadapan orang Indonesia yang berada di Amerika, melainkan penikmat musik sana yang penasaran dengan sosok fenomenal ini. Rich Brian juga berkesempatan menggelar tur Eropa dan Asia, di mana semua tiket konsernya ludes terjual.

5. Tinggal di Los Angeles

Meraih sukses yang sangat luar biasa membuat Rich Brian memutuskan tinggal di Los Angeles. Terlebih dia sudah mendapat kontrak dengan 88rising, label yang banyak mengorbitkan artis dari Asia.

Dia bisa fokus untuk menggarap debut albumnya yang bertajuk Amen, serta melakoni tur dan tampil di berbagai festival di sana. Saat ini, Rich Brian tengah bersiap untuk merilis album keduanya yang berjudul The Sailor.

6. Artis Asia Pertama di iTunes Hip Hop Chart

Sejarah kembali diukir Rich Brian. Dia adalah satu-satunya penyanyi Asia yang berhasil di puncak iTunes Hip Hop Chart.

Bahkan, album Amen ini berhasil mengalahkan album Hip Hop penyanyi terkenal seperti Migos, NF, sampai Kendrick Lamar. Di usianya yang masih muda, dia telah mendapat banyak penghargaan yang menjadi pertanda bagus untuk kariernya ke depan.

7. Tampil di Late Late Show Milik James Corden

Nama Rich Brian terus bergaung dan membuat semua orang membicarakannya. Amen dinobatkan sebagai album terbaik dan mengantarkannya untuk hadir di Late Late Show, sebuah talkshow terpopuler di Amerika asuhan James Corden.

Rapper yang semula memakai nama Rich Chigga ini tampil tanpa cela dan menuai pujian. Hal ini seolah mengokohkan bahwa Rich Brian adalah bintang baru yang memiliki talenta luar biasa.

8. Masuk Daftar Forbes

Sosoknya yang terkenal dan menginspirasi membuat Rich Brian masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes. Namanya terpilih bersama dengan sosok muda lainnya dari seluruh dunia.

Dalam situs Forbes, Rich Brian berhasil masuk dalam 30 Under 30 Asia 2018: The Standouts untuk kategori Sports and Entertainment. Fotonya dijadikan cover dalam kolom kategori tersebut dengan label Featured Honoree. Rich Brian juga masuk dalam kategori Celebrity, yakni daftar artis yang tengah naik daun dan bisa memanfaatkan ketenarannya untuk menginspirasi banyak orang.

9. Persiapan Album The Sailor

Rich Brian baru saja melepas single Yellow dan menuai respons positif dari pengamat musik hingga rapper dunia. Hal ini membuktikan pesona Brian masih memukau dan menjadi pertanda bagus untuk album terbarunya berjudul The Sailor.

Dalam promonya, wajah Rich Brian terpampang di baliho kawasan Times Square. Tentunya menjadi sebuah kebanggan bagi kita memiliki penyanyi asal Indonesia yang memiliki karier luar biasa dan benar-benar go international.


Editor : Tuty Ocktaviany