Ini Kenangan Manis Pertemuan Kepala Humas BNPB Sutopo dengan Raisa Andriana

Tuty Ocktaviany ยท Minggu, 07 Juli 2019 - 09:02 WIB
Ini Kenangan Manis Pertemuan Kepala Humas BNPB Sutopo dengan Raisa Andriana

Kepala Humas BNPB Sutopo bertemu dengan Raisa Andriana pada awal November 2018. (Foto: Twitter Sutopo_PN)

JAKARTA, iNews.id – Meninggalnya Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, menjadi perhatian khusus bagi warganet. Terutama para penggemar Sutopo dan penyanyi Raisa Andriana. Apa hubungannya?

Usut punya usut, Sutopo rupanya penggemar berat Raisa. Sutopo bahkan sering menyebut akun Raisa saat berkicau di Twitter.

Hal itu yang membuat warganet berinisiatif menyebarkan tagar #RaisaMeetSutopo, agar penyanyi Raisa Andriana bertatap muka dengan Sutopo, awal Oktober 2018 lalu. Namun saat itu, Sutopo hanya bisa bercakap-cakap dengan Raisa melalui panggilan video.

Dari video yang diunggah di akun Twitter @rahmiuwi, terlihat seorang perempuan menyodorkan telepon pada Sutopo yang sedang dikelilingi wartawan usai konferensi pers, Rabu 3 Oktober 2018. Dia mengatakan ada panggilan video dari istri Hamish Daud itu untuk Sutopo.

"Cieeee..," ucap wartawan riuh menggoda Sutopo yang tersenyum ketika berbincang dengan Raisa. "Wa'alaikum salam, sehat. Saya baru konferensi pers, wartawan banyak sekali," ujar Sutopo dalam video tersebut.

Sutopo kemudian bertanya mengenai kesehatan Raisa. "Pokoknya jaga kesehatan, kesehatan itu mahal," ujar Sutopo yang kembali disoraki wartawan yang sibuk mengabadikan percakapan antara dia dan Raisa.

Sesekali tertawa, Sutopo sempat meminjam earphone agar bisa mendengar suara Raisa lebih jelas. Namun, earphone itu akhirnya dilepas karena para wartawan ingin mendengarkan percakapan antara keduanya.

Sutopo berkata, kemoterapi yang dilakukan untuk mengobati kanker paru-paru stadium 4B yang dia idap, membuat pendengarannya sedikit terganggu.

Sutopo bercerita pada Raisa bahwa dirinya sedang berada di kantor BNPB, mengatakan setiap siang ada konferensi pers untuk memberi informasi terbaru mengenai penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi.

"Korban tambah banyak, masih dilakukan penanganan-penanganan, tiap hari wartawan pada ngumpul di sini," tutur dia.

Dengan nada penuh canda, Sutopo menambahkan "Makasih mbak (Raisa), ini menjadi kenangan terindah buatku." Ucapan Sutopo membuat para wartawan pun kembali bersorak.

Sutopo mengatakan, dirinya memang sering menyebut akun Raisa saat berkicau di Twitter. "Dulu sudah sering, tapi sama admin yang pegang Twitter mbak enggak pernah dibalas," ucapnya. Raisa akhirnya menanggapi kicauan-kicauan para warganet yang berharap dirinya mau mewujudkan tagar #RaisaMeetSutopo.

Raisa mengatakan, dirinya merasa sudah mengenal dekat Sutopo berkat cerita-cerita yang dicuitkan oleh para warganet. Pembicaraan Sutopo dan Raisa diakhiri dengan pesan untuk saling menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam bekerja. "Oke, take care," kata Sutopo.


Rupanya, kebahagiaan Sutopo tidak berhenti di situ. Awal November 2018 lalu, Sutopo akhirnya bertemu langsung dengan sang idola Raisa Andriana di kawasan Pasar Minggu.

Momen spesial itu lalu diunggah di akun Twitter pribadinya, @Sutopo_PN. Dia pun meluapkan kegembiraannya bertemu dengan Raisa. "Horreee akhirnya bertemu Raisa. Malah Raisa nyanyi di depan saya. Rasanya seperti lihat konser Raisa Pamit. Semoga Raisa sehat dan terus sukses," tulisnya.


Momen itu tentu menjadi kenangan terindah yang tidak dilupakan seumur hidup bagi Sutopo. Kini, dia telah pergi untuk selama-lamanya setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru sejak awal Desember 2017.

Kabar meninggalnya Sutopo tersebut disampaikan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB melalui Twitter resminya, Minggu (7/7/2019).

“Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau,” tulis Direktorat PRB.

Kabar meninggalnya Sutopo juga disampaikan sang putra melalui akun media sosial Instagram miliknya. Putra Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldy memohon doa untuk sang ayah.

"Innalilahi wainna ilahiroji'un. Semua yang bernyawa hanyalah titipan dari Allah Yang Maha Kuasa. Malam ini telah berpulang ke Rahmatullah seorang pahlawan dan ayahanda tercinta saya, Sutopo Purwo Nugroho saat menjalani pengobatan di Guangzhou, Cina," tulis Ivanka.

"Bagi semua sahabat dan keluarga mohon sebesar-besarnya untuk memaafkan semua kesalahan Pak Sutopo sengaja maupun tidak sengaja. Mari mendoakan Almarhum Pak Sutopo agar selalu diterima disisi Nya dan diterima amal ibadahnya. Aamiin. Terimakasih atas semua yang kau berikan Pah, aku kan selalu mendoakan mu," tulisnya kembali.


Editor : Tuty Ocktaviany