Navicula Tampilkan Budaya Indonesia Lewat Video Musik Dinasti Matahari

Andaru Danurdana ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 22:38:00 WIB
Navicula Tampilkan Budaya Indonesia Lewat Video Musik Dinasti Matahari
Navicula rilis single terbaru menandai 25 tahun berkarya. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Menginjak usia 25 tahun, band Navicula baru saja merayakan hari jadi mereka dengan merilis single anyar berjudul Dinasti Matahari

Turut mengunggah sebuah video musik, Navicula berhasil membawakan ragam budaya Indonesia dalam waktu empat setengah menit yang dikemas dengan sangat apik.

Ditulis oleh Gede Robi sang frontman, Dinasti Matahari adalah single pertama dari album terbaru band Navicula. Membawakan tema kekayaan Indonesia seperti di lagu-lagu sebelumnya, tentu tak mengherankan jika Navicula turut merilis video musik yang kental dengan visual budaya Indonesia.

Digarap oleh Dibal Ranuh, sang sutradara mengungkap bahwa dia dan Navicula sudah sepakat sejak awal untuk melakukan ‘pendekatan alam’ dalam menggarap video musik ini.

“Sinematografi pendekatan alam seperti sungai, gua, dan laut karena suku-suku Indonesia tinggal di alam,” ujarnya saat konferensi pers belum lama ini.

Ingin menampilkan wajah asli Indonesia yang tak melulu sejernih brosur pariwisata, Dinasti Matahari memiliki visual yang kelam dan cadas namun tetap berhasil menyampaikan makna ‘cahaya’ dari matahari itu sendiri. 

Diramaikan berbagai performer dari Minahasa, Nias, Dayak, Jawa, hingga Papua, video musik ini menampilkan perwakilan dari suku-suku Indonesia demi menunjukkan hubungan antara manusia, budaya, dan alam.

“Dari diskusi pertama kami sama-sama suka budaya Indonesia. Saya sendiri sangat antusias untuk mewujudkan konsep video musik ini karena kagum dengan budaya tanah air,” lanjut sang sutradara.

Album ini bahkan bisa menunjukkan secara visual budaya-budaya dari Sumatra sampai Papua. Ketika ditanya soal suku-suku lain yang belum berkesempatan hadir dalam video ini, Robi pun dengan antusias mengatakan bahwa Navicula sangat ingin bekerjasama dengan berbagai suku dari nusantara dari yang terlihat hingga yang masih asing di mata masyarakat.

Kini, video musik dengan muatan budaya kental ini sudah bisa disaksikan di kanal YouTube resmi Navicula Music. Lagu Dinasti Matahari dilantunkan oleh Gede Robi selaku vokalis sekaligus gitaris dan diiringi oleh Dadang Pranoto di bagian gitar, Palel Atmoko di bagian Drum, dan Krishnanda Adipurba di bagian bass.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: