Via Vallen Kembali Disindir soal Hak Cipta

Siska Permata Sari ยท Minggu, 20 Januari 2019 - 14:08 WIB
Via Vallen Kembali Disindir soal Hak Cipta

Via Vallen. (Foto: iNews.id/Tuty Ocktaviany)

JAKARTA, iNews.id – Kabar baru datang dari penyanyi dangdut Via Vallen. Setelah disindir terkait hak cipta oleh musisi Jerinx Superman Is Dead (SID), dia kembali disentil dengan isu yang sama oleh Constantine Band.

Sentilan itu diketahui karena lagu 'Tanpamu Ku Tak Bisa' dari Constantine Band di-cover Via ala dangdut koplo tanpa sepengetahuan band terkait. Video lagu tersebut kemudian diunggah di platform YouTube tanpa menuliskan nama band tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh akun Instagram @sherlyaldila, salah satu pencipta lagunya. Dia pun memposting keluh kesahnya terkait hak cipta di akun media sosial pribadinya itu.

"Saya tidak mempermasalahkan lagu kami dibawakan dengan arrangement yang berbeda seperti dangdut atau yang lainnya. Kami Constantine Band terutama saya dan kakak saya sebagai pencipta lagu merasa dirugikan karena lagu tersebut diakui sebagai lagu ciptaan 'Adit Losta' yang sama sekali tidak kami kenal," tulis akun tersebut, seperti dikutip dari Instagram Story miliknya, Minggu (20/1/2019).

Dia mengatakan, meskipun video tersebut bukan diunggah oleh tim Via Vallen, namun dia menginginkan ada permintaan izin kepada pihaknya yang merupakan pemilik lagu. Apalagi jika video tersebut memang untuk kebutuhan komersil.

"Dan satu lagi, di video tersebut tertera jangan lupa beli kaset VCD originalnya," tulisnya.

Dia berharap pihak manajemen pedangdut asal Jawa Timur itu bisa menyeleksi materi yang akan dibawakan sang artis ke dalam suatu acara apa pun.

"Karena ketika sudah begini, pihak yang merasa dirugikan akan semakin melebar termasuk artis itu sendiri dengan berbagai persepsi dari masyarakat," tulisnya.


Editor : Tuty Ocktaviany