Hikmah

Kumpulan Ayat Al Quran tentang Gempa Bumi, Arab, Latin & Artinya

Kastolani · Minggu, 16 Januari 2022 - 16:11:00 WIB
Kumpulan Ayat Al Quran tentang Gempa Bumi, Arab, Latin & Artinya
Ayat Al Quran tentang Gempa Bumi dan penyebabnya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak ayat Al Quran yang menyebut tentang gempa bumi. Dalam Al Quran, gempa bumi ada kalanya disebutkan sebagai sunnatullah atau ketetapan Allah yang mesti terjadi, juga disebutkan karena ulah manusia dan sebagai adzab seperti umat terdahulu yang membangkang perintah-perintah Allah.

Indonesia yang disebut negara cincin api memang kerap dilanda gempa bumi. Hampir tiap hari wilayah Indonesia diguncang gempa baik dengan magnitudo besar maupun kecil. Terkini, gempa dengan Magnitudo 6,7 di Sumur, Banten, Jumat (14/1/2022).

Muhammad Makmun Abha, mahasiswa Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam artikelnya berjudul Gempa Bumi Dalam Al Qur'an (tafsir tematik) yang dikutip iNews.id menjelaskan, kajian tentang gempa bumi ini akan menarik jika ditelusuri lebih lanjut dari sudut pandang al-Quran karena di dalam kitab suci itu ditemukan banyak sekali ayat-ayat yang membicarakan gempa bumi.

Al Quran memang bukanlah kitab ilmu pengetahuan namun kitab suci umat Islam ini banyak memuat isyarat-isyarat akan ilmu pengetahuan yang amat luas.

Sehingga kitab ini mendorong naluri keingintahuan manusia untuk berikhtiar dan mencari pengetahuan melalui berbagai cabang studi ilmu pengetahuan termasuk di dalamnya geografi, geologi dan fisika yang ada kaitannya dengan gempa bumi.

Tidak hanya terbatas di dunia melainkan juga di alam seluruh semesta menjadi bahan studi bagi diri manusia itu sendiri.

Manusia harus menyadari kedudukannya sebagai khalifah Allah SWT di bumi. Karena itu, manusia harus dapat mengendalikan bumi serta berusaha menjinakkan kekuatan alam.

Al Quran mempunyai berbagai pilihan kata dalam menjelaskan gempa bumi. Al-Quran menggunakan berbagai bentuk ragam kata yang berbeda dalam menyebutkan gempa bumi, yaitu sebagai berikut.

Berikut ayat Al Quran tentang Gempa Bumi, Arab, Latin & Artinya:

1. Menggunakan Kata Zalzalah disebutkan dalam beberapa surat yaitu dalam Surat Al-Baqarah ayat 214, Surat Al Ahzab ayat 11, Surat Al-Hajj ayat 1-2 dan Surat Zalzalah ayat 1-2.

اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَّثَلُ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۗ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاۤءُ وَالضَّرَّاۤءُ وَزُلْزِلُوْا حَتّٰى يَقُوْلَ الرَّسُوْلُ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ مَتٰى نَصْرُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ نَصْرَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ - ٢١٤

Latin: Am hasibtum an tadkhulul jannata walammaa ya tikum matsalul ladziina kholau min qablikum massathumul ba'saaaaa u wadh dharraaaaa u wa zulziluu hattaaa yaquula rasuulu walladziina aamanuu ma'ahuu mataa nashrullaahi alaaa inna nashrullaahi qariib.

Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat. (QS. Al Baqarah ayat 214).

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda