Covid-19 Tinggi, Penyembelihan Hewan Kurban Lembaga Amil Zakat Dilaksanakan di Hari Tasyrik. 

Dani M Dahwilani · Kamis, 22 Juli 2021 - 19:32:00 WIB
Covid-19 Tinggi, Penyembelihan Hewan Kurban Lembaga Amil Zakat Dilaksanakan di Hari Tasyrik. 
Sesuai Surat Edaran Menteri Agama No 16 Tahun 2021 pemotongan hewan tidak dilaksanakan pada 10 Dzulhijjah, proses penyembelihan dilakukan pada Hari Tasyrik. 

JAKARTA, iNews.id - Penyaluran hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2021 terasa berbeda. Ibadah kurban dilaksanakan di tengah meningkatnya kasus Covid-19 dengan pemberlakuan PPKM Level 4 yang mengharuskan masyarakat tetap di rumah. 

Atas dasar itu, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) BSMU dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyalurkan hewan kurban dengan mengikuti protokol kesehatan ketat. Sebanyak 1.000 ekor sapi tersebar di 840 titik 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Mengikuti Surat Edaran Menteri Agama No 16 Tahun 2021 agar tidak melakukan pemotongan hewan pada 10 Dzulhijjah, maka proses penyembelihan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Adha atau pada hari tasyrik, dan dilakukan di beberapa Rumah Potong Hewan (RPH). Pemotongan di lokasi zona merah, telah dilengkapi surat izin dari petugas. 

Daging kurban diolah Laznas menjadi berbagai jenis produk siap saji yang dibagikan ke wilayah terpencil, tertinggal, terdampak bencana, serta daerah zona merah Covid-19. 

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Anggito Abimanyu mengatakan, momentum Hari Raya Idul Adha menjadi saat yang tepat untuk membantu sesama. "Pemilihan lokasi di wilayah terpencil diharapkan agar berkah dari kurban ini dapat turut dirasakan masyarakat di seluruh tanah air,“ ujarnya, dalam keterangan pers dilansir Kamis (22/7/2021).

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2