Ini Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Datang Hari Akhir

Siska Permata Sari ยท Jumat, 02 April 2021 - 11:41:00 WIB
Ini Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Datang Hari Akhir
Dai Muda membahas tentang persiapan sebelum hari akhir. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id – Dalam Islam terdapat ajaran kepada umatnya untuk mengingat masa yang telah lalu. Itu perlu dijalankan agar manusia tidak mengulang kesalahan yang pernah dilakukan, serta mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 

Dengan demikian, muslim yang menjalankan ajaran tersebut maka bisa dikatakan adalah muslim visioner karena telah mempersiapkan apa yang bakal dikerjakan di masa depan.

Ajaran untuk mengingat masa lalu ini menjadi topik pembicaraan dalam program DAI MUDA yang tayang di RCTI+ episode 67 bersama Muhammad Vickry. DAI MUDA sendiri tayang eksklusif di RCTI+ setiap Rabu & Jum’at pukul 15.30 WIB.

Allah SWT Berfirman di dalam al-quran surat Al-Hasyr ayat 18. “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Islam mengajarkan hamba nya untuk bertaqwa atas apa yang telah dilakukan (takut kepada azab Allah SWT) sehingga meminta ampun atas kesalahan yang dilakukan, dan bertaqwa kepada Allah SWT sebelum mengerjakan sesuatu di masa yang akan datang. Sehingga dalam islam di ajarkan bermuhasabah dan mempersiapkan diri untuk apa yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

Makna taqwa itu bukan hanya sekedar menaati perintah Allah SWT dan menjauhi yang dilarang, tetapi makna taqwa secara bahasa yakni menjaga diri dan meminta perlindungan Allah SWT.

Berlindung dari azab Allah SWT dan meminta dijauhkan dari azab dengan cara menaati perintah Allah dan menjauhi larangan. Itulah makna taqwa sebenarnya, Allah SWT mengatakan “Sebaik-baiknya bekal adalah Taqwa” karena semua hal yang dilakukan harus dibekali oleh taqwa.

Nabi Muhammad SAW memberikan 3 pesan terbaik “Bertaqwalah kalian kepada Allah SWT dimanapun kalian berada dan ikutilah keburukan kalian dengan perbuatan baik sehingga perbuatan baik dapat menghapus perbuatan buruk, dan berinteraksilah kepada manusia dengan interaksi yang baik”. 

Pesan ini ditujukan kepada umatnya dan memberikan petunjuk bahwa nanti akan ditanya atas apa yang diperbuat, maka dari itu janganlah asal-asalan mempersembahkan sesuatu kepada Allah SWT berikanlah yang terbaik kepada Allah SWT.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2