Tausiah

Membaca Alquran lewat Gawai 

Ustaz M Syahid Joban · Jumat, 30 April 2021 - 13:24:00 WIB
Membaca Alquran lewat Gawai 
Seorang pegawai membaca Alquran melalui smartphone di sela-sela bekerja. (Foto: ilustrasi/Dompet Dhuafa).

Ustaz M Syahid Joban
Cordofa-Dompet Dhuafa

ALLAH SWT mengistimewakan Ramadan. Di bulan suci ini diturunkan Alquran yang merupakan wahyu, kalam Allah, kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran ini merupakan tuntunan/panduan/arah hidup kita. Barangsiapa yang mengikuti Alquran, insya Allah tidak akan sesat.
 
Berbicara mengenai Alquran, kitab suci ini merupakan alat komunikasi kita dengan Allah SWT. Sebagaimana Rasulullah SAW sampaikan dalam salah satu hadits, “Barangsiapa yang ingin berkomunikasi/berbincang dengan Allah SWT maka bacalah Alquran”. 

Maka sejatinya jika membaca Alquran, kita sedang berkomunikasi dengan Allah SWT dan tentunya harus mematuhi aturan atau adab-adab ketika sedang membaca Alquran.
 
Apalagi di bulan Ramadan ulama-ulama kita telah memberikan panutan bagi kita semua, di mana bulan Ramadan sebagai Syahrul Quran (bulannya Alquran). Jika kita melihat Ustman bin Affan RA menjadikan seluruh malam di bulan Ramadan untuk membaca Alquran, bahkan Imam Syafi’i bisa mengkhatamkan 60 kali selama Ramadan.

Imam Qathada bisa mengkhatamkan Alquran setiap 3 hari sekali selama Ramadan. Ini merupakan momentum kita menjadikan Alquran sebagai tujuan dan arah hidup kita dan motivasi untuk menjadi lebih baik.
 
Di zaman teknologi yang canggih ini kita bisa mengakses Alquran dengan mudah. Sebagai contoh bisa membaca dari gawai (gadget). Jadi tidak ada celah untuk kita meninggalkan membaca Alquran ketika Ramadan. Terlebih lagi Alquran bisa diunduh (download) di setiap aplikasi gadget kita masing-masing. Dengan demikian ketika ada waktu luang, kita bisa menyempatkan diri untuk membaca Alquran.
 
Bagaimana hukumnya membaca Alquran di gadget? Mari kita bahas. Bahwa sepakat seluruh ulama menyebutkan bahwa orang yang membaca Alquran baik lewat mushaf maupun lewat gadget akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Jadi siapa pun dan darimana pun yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala. Bahkan Nabi mengatakan, di setiap huruf Alquran yang kita baca itu mengandung 10 kebajikan. 
 
Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah ketika kita membaca Alquran di gadget atau handphone harus berwudu atau tidak?

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2