Mencium Istri Apakah Dapat Membatalkan Puasa? 

Novie Fauziah · Selasa, 27 April 2021 - 21:49:00 WIB
Mencium Istri Apakah Dapat Membatalkan Puasa? 
Bagaimana suami mencium istrinya (bagian kening atau pipi) saat puasa Ramadhan, apakah dapat membatalkan puasa? (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Puasa pada Ramadan merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan semua umat Islam, terkecuali udzur atau halangan yang menyebabkan seseorang tidak bisa berpuasa. Lalu, bagaimana jika suami mencium istrinya (bagian kening atau pipi), apakah dapat membatalkan puasan? 

Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Ustaz Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, diperbolehkan selama tidak keluarnya air mani dan menyebabkan batalnya ibadah puasa. 

"Mencium istri saat puasa hukumnya batal jika sampai keluar mani, dan mesti mengqodo atau mengganti puasa di hari lain," ujarnya kepada MNC Portal beberapa waktu lalu. 

Dia melanjutkan, tetapi jika Anda harus menqadhanya tidak harus membayar kiffarat seperti hukum orang yang berhubungan intim di siang hari puasa Ramadhan. 

Ustaz Abu menjelaskan, mencium istri saat puasa dilarang bagi yang libido atau memiliki gairah seksual tinggi. Sedangkan bagi selainnya tidak terlarang, selama sebab-sebab yang membatalkan puasa seperti keluarnya air mani tidak terjadi. 

"Patokannya dilihat apakah orangnya termasuk yang seksualnya tinggi dan mudah mengeluarkan mani atau tidak. Dan tidak ada perselisihan di antara para ulama bahwa mencium istri tidak membatalkan puasa selama tidak keluar mani," katanya. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2