Tausiah

Nuzulul Quran, Kemuliaan di Bulan Ramadhan

Ustaz M Syahid Joban · Kamis, 06 Mei 2021 - 19:07:00 WIB
Nuzulul Quran, Kemuliaan di Bulan Ramadhan
Ustaz M Syahid Joban. (Foto: Dompet Dhuafa).

Ustaz M Syahid Joban
Dompet Dhuafa
 
SAHABAT muslim yang dirahmati Allah SWT, kalau kita membicarakan Alquranul Karim, maka tidak akan ada habisnya. Alquran ini merupakan suatu panduan kita yang amat lengkap, yang Allah SWT turunkan untuk kita semua. Lantas, apa peran kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW di dalam Alquran?
 
Yang pertama, kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW wajib mengimani dan meyakini bahwa isi kandungan Alquran adalah kebenaran. Itulah yang akan mengantarkan kita kepada ma’rifat Allah, yaitu mendapatkan kedekatan dengan Allah SWT. 

Karena saat ini banyak orang yang mengaku umat Nabi Muhammad SAW tapi masih ragu terhadap isi Alquranul Karim. Bahkan memberikan statement-statement yang memojokkan, seperti Alquran kitab kuno, tidak relevan dan ketinggalan zaman. Tentu saja ini merupakan sebuah keragu-raguan dari orang-orang yang munafik, yang tidak mempercayai seutuhnya isi kandungan Alquran.
 
Yang kedua, senantiasa harus mengamalkan isi kandungannya. Jadi tidak hanya sekadar dibaca, akan tetapi bagaimana kita berusaha untuk mengamalkan isi kandungan yang terdapat dalam Alquran. 

Kita semua tidak akan mampu untuk mengamalkan isi kandungan Alquran, tetapi ada satu kaidah untuk kita semua, “Sesuatu yang tidak bisa dikerjakan dan diamalkan, maka tidak ditinggalkan keseluruhannya.” Artinya, kerjakanlah semampu kita. Orang yang bertaqwa akan mengamalkan isi kandungan yang ada di dalam Alquran.
 
Oleh karena itu, terdapat sebuah hadits Nabi Muhammad SAW, Nabi mengatakan “Alquran ini merupakan obat dari segala obat, barangsiapa yang menjadikan Alquran di depannya, Allah akan membawakan kepadanya surga. Barangsiapa yang menjadikan Alquran di belakang, maka Alquran akan mendorong kita untuk masuk ke neraka.”

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: