Protes, Kristen Stewart Lepas Sepatu High Heels di Karpet Merah Cannes

Siska Permata Sari · Rabu, 16 Mei 2018 - 13:50 WIB

Kristen Stewart lepas sepatu di red carpet Cannes. (Foto: Getty Images)

CANNES, iNews.id - Aktris kebangsaan Amerika Serikat, Kristen Stewart melakukan gerakan protes di atas karpet merah pergelaran Festival Film Cannes. Ada apa gerangan?

Dia melepas sepatu hitam berhak tinggi merek Louboutin saat pengambilan gambar di atas karpet merah Cannes. Setelah itu, dia menaiki tangga dan berjalan di atas karpet merah tanpa sepatu alias nyeker. Hal itu dilakukannya saat pemutaran film BlacKkKlansman, Senin 14 Mei 2018.

Ada alasan mengapa aktris Twilight tersebut melakukan tindakan aneh di atas karpet merah. Ternyata, melepas sepatu di atas karpet merah Cannes merupakan bentuk protes Stewart pada aturan Cannes yang banyak dikritik para aktris. Aturan itu mewajibkan semua wanita memakai sepatu hak tinggi untuk pemutaran karpet merah.

Aturan tersebut ternyata telah ada di Festival Film Cannes sejak lama dan salah satu aturan yang kontroversial belakangan ini. Bahkan, tak jarang ditentang para aktris yang menghadiri festival film tersebut. Pada 2015, misalnya, sekelompok wanita mengenakan flat shoes saat melihat pemutaran film Carol.

Kemudian, pihak penyelenggara festival film bergengsi tersebut kembali menekankan bahwa mengenakan sepatu berhak tinggi wajib bagi setiap wanita yang menonton pemutaran film di Festival Film Cannes. Inilah yang menggelitik mantan kekasih Robert Pattinson itu melakukan aksi tanpa pakai sepatu di karpet merah.

"Hal-hal harus segera berubah," kata Stewart dikutip Telegraph, Rabu (16/5/2018). "Itu sama saja mereka memintaku melakukan sesuatu yang tidak disetujui. Harusnya mereka bisa memberikan pilihan seperti, 'flat atau sepatu hak tinggi'," ujar Stewart.

Padahal dalam Festival Film Cannes 2018 ini, Kristen Stewart tak cuma menjadi tamu dalam festival. Dia juga salah satu juri perempuan bersama para aktris lain, seperti Lupita Nyong’o, Marion Cotillard, Penelope Cruz, dan Fan Bingbing.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR