Selain Tingkatkan Empati, Ini Manfaat Baca Buku untuk Kesehatan Mental

Siska Permata Sari · Kamis, 17 Mei 2018 - 21:36 WIB
Selain Tingkatkan Empati, Ini Manfaat Baca Buku untuk Kesehatan Mental

Banyak manfaat dengan membaca buku. (Foto: CNBC)

JAKARTA, iNews.id – Bertepatan dengan Hari Buku Nasional, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk membaca. Pasalnya, banyak manfaat yang didapat dari membaca buku.

Membaca buku bukan hanya membunuh waktu membosankan dan menambah wawasan, tetapi bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Salah satunya, membaca buku bisa mengurangi tingkat stres Anda.

Nah, cocok bukan untuk mengambil rehat sejenak dari pekerjaan Anda dan membaca beberapa cerita pendek? Selain mengurangi stres, ini dia manfaat lain membaca buku bagi kesehatan mental, seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Kamis (17/5/2018).

Meningkatkan Empati

Membaca buku bisa membuat Anda menjadi pribadi yang memiliki empati. Sebuah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain. Sebab, berdasarkan penelitian Universitas Buffalo New York menemukan bahwa cerita, karakter, dan pengalaman hidup yang dibaca membantu kita memahami berbagai cara hidup dan perspektif.

Metode Terapi

Ternyata, membaca buku bisa menjadi bagian dari metode terapi. Menurut Cristel Russell, seorang peneliti perilaku konsumen di Universitas American melihat karakter melalui situasi yang sulit dapat memunculkan konflik pada diri Anda sendiri di masa lalu yang belum terselesaikan. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk melihat cara yang sehat dan tidak sehat dalam menangani masalah yang belum selesai.

Membuat Otak Anda Kuat

Membaca buku sangat baik bagi kesehatan otak Anda. Bahkan menurut penelitian, membaca buku bisa membuat otak Anda lebih kuat. Berdasarkan penelitian, orang-orang yang aktif secara mental, contohnya sering membaca buku, memiliki tingkat penurunan mental 32 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak secara aktif melibatkan otak dalam kesehariannya.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany