Cahaya Hati Indonesia Ramadan

Keutamaan Membaca Alquran, Menjadi Obat dan Pintu Pembuka Rahmat

Tri Hatnanto · Senin, 11 Juni 2018 - 15:10 WIB
Keutamaan Membaca Alquran, Menjadi Obat dan Pintu Pembuka Rahmat

Cahaya Hati Indonesia Ramadan edisi Senin (11/6/2018) akan mengulas tentang Indahnya Ramadan dengan Alquran. Acara disiarkan langsung dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. (Foto: iNews).

JAKARTA, iNews.id – Allah SWT menurunkan Alquran untuk menjadi pedoman hidup bagi manusia. Dengan bersandar pada kitabullah itu niscaya hidup kaum beriman akan selamat dunia dan akhirat.

Tak terhitung lagi keutamaan dari membaca, mempelajari, dan menerapkan Alquran dalam kehidupan. Dalam tiap huruf pada ayat-ayat suci ini tersimpan berbagai manfaat. ”Dan Alquran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.” (QS Al-Anam: 155).

Alquran sebagai rahmat itu juga dijanjikan Allah dalam Surat Al-Araf ayat 2014, “Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” Subhnallah. Hanya mendengarkan saja, umat akan mendapat ganjaran yang luar biasa besar.

Alquran juga berarti as-syifa atau obat penyembuh. Ini diterangkan Allah dalam Surat Yunus ayat 57 dan Surat Fushshilat ayat 44. ”Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS Yunus: 57).

Begitu besarnya keutamaan Alquran, akan sangat disayangkan jika pada Ramadan ini umat Islam tak menggunakannya sebaik mungkin. Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan. Di dalamnya umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran. Alquran merupakan ilmu yang paling utama dan mulia. Karena itu, orang yang mempelajari dan mengajarkannya adalah orang yang terbaik di sisi Allah Ta’ala

Berbagai keutamaan dan manfaat membaca Alquran ini akan dikupas dalam Cahaya Hati Indonesia Ramadan edisi Senin (11/6/2018). Mengangkata tema “Indahnya Ramadan dengan Alquran”, para penceramah yang akan memberikan tausiahnya yakni, KH Nur Hayid, KH Syarif Rahmat, Ustaz Oemar Mitha, dan Habib Ali Bahar.

KH Nur Hayid akan mengajak jamaah untuk mendalami tentang motivasi dalam Alquran, sedangkan KH Syarif mengulas tentang Ramadan sebagai bulan Alquran, dan Habib Ali memaparkan keutamaan membaca Alquran. Adapun Ustaz Oemar Mitha mengajak jamaah terlibat dalam sesi interaktif atau tanya jawab seputar Alquran.

Ingin tahu lebih dalam pembahasan mengenai ulasan para penceramah? Tonton Cahaya Hati Indonesia Ramadan edisi Senin (11/6/2018) yang disiarkan langsung stasiun televise iNews dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Acara yang dipandu Iqbal Fais ini disiarkan mulai pukul 15.30 WIB.

 


Editor : Zen Teguh