Cahaya Hati Indonesia Ramadan

Mengunci Gerbang Dosa dengan Tobat Nasuha

Tri Hatnanto · Selasa, 12 Juni 2018 - 14:07 WIB

Cahaya Hati Indonesia Ramadan edisi Selasa (12/6/2018) akan membahas tentang tobat nasuha. Program disiarkan langsung iNews dari Masjid Istiqlal, Jakarta. (Foto: iNews).

JAKARTA, iNews.id – Dalam perjalanan kehidupan, manusia tentu tidak akan luput dari dosa. Kesalahan baik kecil maupun besar kerap menghiasi. Disengaja atau tidak, alpa kadang terjadi. Tentu sifat manusiawi itu bukan menjadi alasan pembenar untuk selalu berbuat salah.

Salah satu perintah Allah kepada umatnya yakni agar bertobat. Perintah ini dimaksudkan agar umat Islam selalu dalam koridor jalan yang benar atau jalan yang ditunjukkan oleh Tuhan Sang Pencipta alam semesta. Dengan perintah ini diharapkan umat senantiasa memperbaiki diri atas dosa dan maksiat yang telah dilakukan.

Tobat nasuha artinya tobat yang bersungguh-sungguh atau semurni-murninya atau kadang disebut juga tobat total. Secara bahasa, diartikan sesuatu yang bersih atau murni (tidak bercampur dengan sesuatu yang lain). Sesuatu disebut an-naashikh itu jika sesuatu tersebut tidak terkontaminasi dengan sesuatu yang lain.

Tobat nasuha merupakan ibadah yang agung. Di dalamnya terdapat keutamaan yang tiada tara. Allah berfirman, ”Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (tobat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS At-Tahrim:8).

Perintah tobat nasuha adalah bukti kebesaran Ilahi. Betapapun menggunungnya kesalahan manusia, betapapun dia berlumur dosa, Allah tetap memberikan jalan untuk diampuni. Tentu saja tobat ini dilakukan dengan luar biasa kesungguhan niat untuk meminta maaf dan tidak akan mengulangi.

Program religi iNews, Cahaya Hati Indonesia Ramadan, edisi Selasa (12/6/2018) akan mengupas tuntas tentang pentingnya tobat nasuha ini. Mengangkat tema tentang “Mengunci Pintu Dosa dengan Taubatan Nasuha”, Cahaya Hati Indonesia Ramadan akan menghadirkan penceramah H Ahmad Husni Ismail, KH Cholil Nafis, Habib Nabiel bin Fuad al Musawa, dan KH Didin Hafidhudin.

Dalam tausiahnya, H Ahmad Husni akan mengajak jamaah dan pemirsa menelaah keutamaan tobat yang bersungguh-sunggu. Digambarkan oleh H Amad Husni, “Taubat Nasuha Paten, Akhlak Jadi Keren”.

Sedangkan KH Cholil Nafis menerangkan bahwa tobat nasuha merupakan pembersih lahir dan batin. Habib Nabiel menjelaskan tuntunan tobat nasuha dan KH Didin menyerukan kepada jamaah untuk segera melaksanakan tobat nasuha sebelum terlambat.

Ingin tahu lebih jelas apa, bagaimana, dan kapan tobat nasuha harus dilaksanakan? Simak Cahaya Hati Indonesia Ramadan yang disiarkan langsung stasiun televisi iNews dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2018). Acara yang dipandu Iqbal Fais ini tayang mulai pukul 15.30 WIB.


Editor : Zen Teguh

KOMENTAR