3 Cara Menjaga Kesehatan Selama Mudik, Jangan Lupa Lakukan Peregangan

Siska Permata Sari · Kamis, 14 Juni 2018 - 08:19 WIB
3 Cara Menjaga Kesehatan Selama Mudik, Jangan Lupa Lakukan Peregangan

Selalu berhati-hati di jalan saat mudik. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Bepergian dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Apalagi bepergian jauh ke luar kota atau mudik ke kampung halaman yang biasanya membutuhkan waktu satu sampai tiga hari lamanya.

Selain memakan waktu lama, mudik ke luar kota juga membutuhkan energi ekstra untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan di perjalanan. Misalnya, macet yang mengular, delay, dan sebagainya yang menguji kesabaran Anda.

Walaupun bertemu sanak saudara Anda di kampung halaman sangat penting, tetapi kesehatan Anda juga jauh lebih penting. Anda tak ingin bukan jika sakit ketika tengah menghabiskan waktu bersama keluarga?

Ketika sakit, kualitas pertemuan dengan keluarga pun akan terasa kurang. Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan selama mudik? Berikut tiga triknya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Persiapan Matang

Persiapan untuk mudik bukan cuma soal baju baru, amplop buat anak-anak di sana, dan kue-kue Lebaran. Tetapi juga suplai obat-obatan dasar yang sering Anda konsumsi di luar atau selama berpergian. Misalnya, obat mag atau obat antimabuk perjalanan, dan obat-obatan pribadi.

Lakukan Peregangan

Selama mudik nanti, Anda akan duduk dalam waktu yang lama, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya pembendungan vena dan gumpalan darah yang terbentuk di kaki akibat sirkulasi stagnan. Maka direkomendasikan untuk melakukan peregangan kecil setiap dua jam sekali. Misalnya, berjalan-jalan di lorong kereta, saat mobil isi bensin, bila tak memungkinkan Anda bisa mencoba peregangan kaki saat Anda duduk.

Hindari Gangguan Pencernaan

Hal yang paling mengganggu saat mudik adalah gangguan pencernaan, misalnya diare. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan saat mudik, sebaiknya jaga konsumsi makanan dan minuman Anda. Pastikan kebersihan makanan dan minuman yang masuk dalam perut Anda dengan selalu mencuci buah dan sayuran, serta tempat makan sebelum Anda makan.

Selamat mencoba, selamat sampai tujuan!


Editor : Adhityo Fajar