Tips dan Trik Tidur Cukup Selama Mudik

Siska Permata Sari · Jumat, 15 Juni 2018 - 06:28 WIB
Tips dan Trik Tidur Cukup Selama Mudik

Sempatkan untuk tidur ketika mudik. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Musim mudik telah tiba. Demi menyongsong Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman, sebagian besar masyarakat Indonesia rela berhimpitan, berjubel-jubel, dan bermacet-macet ria untuk mudik. Namun saat mudik, hal yang mesti diperhatikan adalah keselamatan dan kesehatan.

Anda tentunya tidak mau loyo atau kuyu saat Hari Raya bukan? Salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik adalah tidur yang cukup.

Tidur yang cukup ini dibutuhkan bagi para pengendara sepeda motor, mobil ataupun mereka yang mudik menggunakan transportasi umum. Terutama untuk yang berkendara, tidur cukup juga berperan penting untuk menjaga keselamatan Anda sekeluarga.

Meski kedengarannya sepele, nyatanya banyak yang kesulitan tidur cukup selama mudik. Misalnya, mengorbankan waktu tidur demi cepat sampai tujuan, atau jetlag di kereta, bus, dan pesawat. Ini dia tips dan trik tidur cukup selama mudik, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Tidur Cukup Sebelum Berangkat

Agar stamina tetap kuat, sebaiknya Anda merencanakan jadwal tidur sebelum jadwal keberangkatan. Misalnya, jika Anda hendak berangkat pukul 22.00, mulailah tidur lebih awal. Tidur cukup bisa bermanfaat untuk menjaga stamina Anda.

Makan dan Minum yang Cukup

Jika Anda merasa kesulitan tidur di kereta atau pesawat, cobalah makan dan minum sesuatu agar cepat mengantuk. Beberapa makanan misalnya, dianggap bisa membuat Anda mengantuk. Tak perlu berlebihan, cukup ambil makanan saat Anda merasa lapar. Hindari juga minuman mengandung kafein saat mudik, karena minuman ini akan membuat Anda terjaga lebih lama. Kecuali, kafein dibutuhkan untuk menjaga agar Anda tak mengantuk saat berkendara. Namun, istirahat lebih disarankan.

Pikirkan Dampak Kurang Tidur

Bila merasa tak perlu tidur karena rasa kantuk Anda akan terganti ketika bertemu sanak famili, coba pikirkan lagi dampak kurang tidur yang tak menyenangkan. Misalnya, rasa lelah berlebihan, mual, sakit kepala, dan konsentrasi yang buruk. Tentunya perasaan demikian sangat tidak asyik dirasakan ketika bersama keluarga di kampung halaman, kan?

Gunakan Alat Bantu Tidur

Jika Anda benar-benar merasakan kesulitan tidur, cobalah pilihan-pilihan alat bantu tidur. Misalnya masker tidur, headset, dan playlist pengantar tidur di perangkat Anda.


Editor : Adhityo Fajar