Yuk, Konsumsi Karbohidrat Sehat lewat 3 Makanan Ini

Siska Permata Sari · Rabu, 13 Juni 2018 - 12:36 WIB

Beras merah jadi karbohidrat yang menyehatkan tubuh. (Foto: Shefinds)

JAKARTA, iNews.id - Selain lemak, karbohidrat memiliki reputasi yang cukup buruk bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menjalani masa dietnya. Namun apa pun alasannya, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang wajar.

Selama masih dalam batas wajar dan bukan jenis karbohidrat olahan, kandungan ini perlu dikonsumsi oleh tubuh kita. Sebab, karbohidrat berfungsi untuk mempertahankan tingkat metabolisme tubuh, sebagai bahan bakar energi, dan melawan radikal bebas.

Bahkan ada beberapa makanan mengandung karbohidrat yang banyak direkomendasikan oleh pakar nutrisi. Apa saja ya? Yuk, simak daftarnya seperti dirangkum iNews.id dari She Finds, Rabu (13/6/2018).

Ubi Jalar

Jika rajin mengonsumsi kentang sebagai bahan bakar harian Anda, cobalah ganti dengan ubi jalar. Kemudian, gunakan lebih sedikit minyak dan panggang. Lebih bagus lagi jika direbus. Sebab dalam ubi jalar mengandung banyak vitamin A, serat, vitamin C, mangan, dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Beras Merah

Sebagian besar lidah masyarakat Indonesia akrab dengan nasi, terutama nasi putih. Terasa sulit memang jika harus berpaling dari nasi dan menggantinya dengan karbohidrat yang lain. Tetapi Anda tak perlu khawatir, ada beras merah yang bisa menjadi solusi alternatif.

Dalam beras merah terdapat serat, magnesium, dan mangan. Makanan ini juga dianggap sebagai makanan berdaya energi rendah, yang relatif memiliki sedikit kandungan kalori.

Kurma

Nah, buah yang satu ini jadi favorit selama bulan Ramadan. Tentunya bukan karena identik dengan Ramadan saja, namun kandungan kurma yang sangat baik dikonsumsi sebagai superfood. Sebab dalam kurma terkandung serat larut, asam amino, mangan, dan potasium yang dapat membuat Anda tetap berenergi selama berjam-jam.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR