Ingat Ladies, Hal-Hal Ini Tak Boleh Dilakukan saat Merawat Kulit

Siska Permata Sari · Rabu, 13 Juni 2018 - 13:17 WIB
Ingat Ladies, Hal-Hal Ini Tak Boleh Dilakukan saat Merawat Kulit

Wajah cantik bebas jerawat. (Foto: Baroness)

JAKARTA, iNews.id - Merawat kulit tentunya sangat dianjurkan untuk menjaga penampilan dan kesehatan, apalagi menjelang dan memasuki usia 20-an. Sebab, masa-masa inilah Anda bisa menjaga kekenyalan kulit sebelum terlambat.

Namun, siapa sangka jika ada beberapa hal yang mungkin sering kita lakukan saat merawat kulit, malah membuat tak sehat, bahkan iritasi. Tak cuma itu, salah dalam merawat kulit juga bisa membuat kulit Anda tampak lebih berminyak atau kering kerontang.

Nah, apa saja sih kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari saat merawat kulit? Yuk, simak daftarnya seperti dilansir dari Today, Rabu (13/6/2018).

Salah Memakai Pelembap

Pelembap sangat penting untuk membuat kulit tetap kenyal dan mencegah terjadinya kekeringan. Karena itu, penggunaan pelembap haruslah rutin dan bukan cuma dikenakan saat kulit sedang kering saja. Pakar kesehatan kulit menyarankan untuk memakai pelembap sesaat setelah Anda mandi.

Memencet Jerawat

Jerawat kecil di pipi atau hidung tak jarang mengganggu Anda berpenampilan. Apalagi jika di hari itu Anda memiliki jadwal meeting atau kencan yang tak ingin dikacaukan dengan jerawat.

Memencet jerawat merupakan cara instan menghilangkan gunungan jerawat di wajah Anda. Tetapi tahukah Anda jika ini justru memperburuk keadaan? Ya, memencet jerawat tidak disarankan karena hal tersebut malah memperparah peradangan pada kulit Anda.

Melupakan Tabir Surya

Tak kalah pentingnya dengan pelembap, krim tabir surya juga perlu dikenakan sehari-hari bagi mereka yang bermobilitas tinggi di luar ruangan. Apa pun aktivitasnya jika itu harus terpapar matahari, sebaiknya jangan melupakan tabir surya. Pakar kesehatan kulit menyarankan, gunakan tabir surya minimal 15 menit sebelum keluar rumah.

Sering Cuci Muka

Membersihkan kulit adalah hal paling dasar dalam merawat kulit. Salah satunya dengan mencuci muka dengan produk-produk facial foam. Namun, sebaiknya kegiatan mencuci wajah dengan produk keras ini tak dilakukan terlalu sering. Cukup saat mandi dan setelah berpergian ke luar rumah.

Mencoba-coba Minyak Esensial

Banyak orang menyukai minyak esensial untuk perawatan kulit. Hal ini dilakukan agar kulit lebih halus, kenyal, dan tampak berseri-seri atau glowing. Tetapi sebaiknya, Anda tak asal mencoba-coba minyak esensial untuk kulit. Sebab, salah menggunakan malah bisa membuat kulit Anda iritasi. Tetapi jika Anda ingin tetap menggunakan minyak esensial, tanyakan dulu pada dokter kulit agar mendapatkan hasil maksimal.


Editor : Tuty Ocktaviany