Sering Menatap Layar Gadget, Pembuluh Darah Mata Anda Bisa Pecah

Fajar Adityo Nugroho · Kamis, 12 Juli 2018 - 05:39 WIB

Atur kembali cahaya gadget anda agar tidak terlalu terang. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Sering bekerja di depan layar laptop atau menatap layar handphone terlalu lama, ternyata sangat berbahaya. Kesilauan dan cahaya biru yang ditimbulkan dari monitor jika terlalu lama akan membuat kerusakan pada mata atau disebut Computer Vision Syndrome (CVS).

Baru-baru ini beredar kabar yang mengerikan seorang wanita yang mengalami pecah pembuluh darah pada matanya akibat keseringan bermain handphone setiap hari. Hal ini ternyata benar dan dialami oleh musisi sekaligus arranger Indra Qadarsih akibat kerja berhari-hari di depan banyak layar monitor.

Seperti dikutip dari akun Instagram miliknya, pemain keyboard BIP ini menceritakan jika pembuluh darah di matanya pecah. Pengelihatannya mulai berkurang, serta merasakan sakit pada kepala dan matanya terdapat bercak merah darah.

"Gw prnh ngalamin pembuluh darah di mata pecah gini ... sakit banget rasanya di kepala. Gara2nya kerja berhari2 di depan banyak monitor computer (6 layar) dan kesilauan plus layar hape juga," katanya, dikutip dari Instagram miliknya, baru-baru ini.

Berbahaya sekali bukan, terlebih bagi mereka yang setiap hari bekerja menatap layar komputer. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah CVS atau pembuluh mata pecah.

Atur Cahaya

Atur kembali gadget Anda sehingga mata tak terasa pedih atau panas saat menatap beberapa jam. Layar gadget yang terlalu cerah akan membuat syaraf mata menjadi tegang dan cepat lelah. Jika dibiarkan, maka tak bisa dihindari pembuluh darah pada mata akan pecah.

Duduk dengan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan ruangan juga perlu diperhatikan karena sangat penting untuk menghindari silau pada mata. Atur pencahayaan seminimal mungkin dan jangan sampai pantulan lampu mengenai layar komputer atau gadget.

Gunakan Kacamata Antiradiasi Biru

Kacamata ini berfungsi untuk mengurangi cahaya biru yang dipancarkan dari komputer, tablet hingga ponsel. Gunakan kacamata antiradiasi biru yang dirancang untuk mengurangi ketegangan mata, sakit kepala, dan kelelahan mata.

Selalu istirahatkan mata Anda setelah beberapa jam di depan layar. Pejamkan selama beberapa detik untuk membasahi bola mata agar tidak kering.


Editor : Adhityo Fajar

KOMENTAR