Hammersonic Festival 2018 Hadirkan Genre Musik yang Lebih Beragam

Siska Permata Sari · Kamis, 12 Juli 2018 - 17:51 WIB

Soleh Solihun, Zethria Okka, Pipinx Straight Out, Adam KOIL dan Andyan Gorust. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Festival musik metal tahunan di Indonesia yang terbesar se-Asia Tenggara, Hammersonic Festival, kembali hadir. Kali ini, Hammersonic mengusung tema ‘Metalveva Jayamahe' yang diambil dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti 'Dalam Metal Kita Bersatu'.

Tak cuma metal, tahun ini festival musik tersebut juga menyajikan genre musik yang lebih beragam, disesuaikan dengan perkembangan zaman. Mulai dari heavy metal, metal core, black metal, death metal, hardcore, rock, hingga punk.

Musisi yang Mengisi

Berbagai musisi musik keras lokal hingga internasional pun didatangkan demi memuaskan dahaga para pencinta musik di Indonesia. Bahkan, ada nama-nama musisi yang belum tenar sekalipun datang untuk menambah wawasan musik keras.

Di antaranya saja ada band legendaris internasional seperti In Flames, Dead Kennedys, H20, Vital Remains, Brujeria, IHSAHN, Winds of Plague, Visceral Disgorge, Revocation, dan Escape the Fate. Selain itu, musisi lokal yang bakal tampil di Hammersonic Festival ada Koil, Saint Loco, Hellcrust, dan masih banyak lagi.

Kontroversi

Namun, kekayaan genre dalam festival musik metal kali ini, tak jarang menuai kontroversi. Sebab, banyak yang menginginkan jika festival musik metal seharusnya diisi oleh musik-musik murni bergenre metal saja.

Sebagai musisi metal dan penikmat musik berbagai genre, personel Koil, Adam Vladvamp angkat bicara. "Keragaman genre justru semakin bagus. Karena artinya, bisa memuaskan. Gue contohnya karnivora yang dengerin (jenis musik) apa aja," kata Adam Koil dalam acara Press Conference Hammersonic Festival 2018 di Kaffeine, Sudirman, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Bahkan, kata Adam, festival musik metal besar di Jerman pun tak cuma menyuguhkan metal. "Ada band punk, rock, (festival musik) di dunia pun, mereka seperti itu," katanya.

Sementara itu, Zethria Okka, Direktur Seni Hammersonic Festival 2018 mengatakan, pemilihan band dan musisi yang tampil tersebut sudah dilakukan berdasarkan kredibilitas, serta riset selera musik masyarakat di Indonesia.

Hammersonic Festival 2018 sendiri bakal digelar di Carnaval Beach Ancol, Minggu 22 Juli 2018. Para musisi ini nantinya bakal mengisi tiga panggung besar yang berbeda.


Editor : Tuty Ocktaviany

KOMENTAR