Tidak Jatuh tapi Muncul Memar di Tubuh, Ternyata Ini Penyebabnya

Fajar Adityo Nugroho · Sabtu, 14 Juli 2018 - 05:57 WIB

Tidak jatuh namun tubuh tiba-tiba memar dan lebam. (Foto: Shutterstock).

JAKARTA, iNews.id – Terkadang kita pernah menemukan tubuh kita memar atau bercak biru lebam seolah habis jatuh. Memar ini terkadang hilang dengan sendirinya dan muncul di bagian tubuh yang berbeda.

Ada yang mengaitkan hal ini dengan klenik bahwa memar ini muncul akibat dijilat setan. Namun sebenarnya, hal ini tak ada kaitannya dengan klenik.

Dalam dunia kedokteran, memar atau lebam ini disebut petekie atau hematom. Penyebabnya adalah terjadi kebocoran pembuluh darah dan mengeluarkan sel darah keluar dekat dengan permukaan kulit.

Lantas, apa saja yang membuat tubuh memar dan lebam? Yuk, simak ulasan berikut ini yang iNews.id rangkum dari berbagai sumber.

Penyebab

Memar atau lebam biru di beberapa bagian tubuh bisa disebabkan oleh obat-obatan atau suplemen. Bisa jadi kamu sedang mengonsumsi pengencer darah, aspirin, atau ibuprofen belakangan ini. Obat-obatan ini bisa membuat pembuluh darah mudah pecah dan menggumpal.

Stres dan kelelahan juga bisa menjadi penyebab memar dan lebam tadi. Jika kelelahan, biasanya akan muncul di bagian betis atau paha. Namun ketika diistirahatkan, bercak biru atau memar tadi akan menghilang.

Pencegahan

Jika di bagian tubuh Anda muncul memar atau lebam biru, tak perlu panik. Langkah yang harus dilakukan adalah mengompres memar tadi dengan es batu.

Beristirahat juga bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Gunakan compression bandage untuk memperlambat laju darah, serta mengurangi ukuran memar.

Kekurangan vitamin sebenarnya menjadi penyebab memar atau lebam muncul. Untuk menghilangkannya, cukup dengan mengonsumsi multivitamin atau minum jus nanas untuk mencegah memar berkelanjutan.


Editor : Adhityo Fajar

KOMENTAR