Torajamelo Suguhkan Kain Tenun Nusantara di Asian Textiles Exhibition

Siska Permata Sari ยท Jumat, 10 Agustus 2018 - 20:56 WIB
Torajamelo Suguhkan Kain Tenun Nusantara di Asian Textiles Exhibition

Asian Textiles Exhibition hadirkan kain-kain Nusantara. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Asian Games 2018 menjadi perhelatan olahraga terbesar di Asia yang diadakan di Indonesia, tepatnya di Kota Jakarta dan Palembang. Selain Asian Games, di Jakarta juga hadir Asian Textiles Exhibition atau Pameran Wastra Asia yang digelar selama sebulan penuh dari 9 Agustus hingga 9 September 2018.

Pameran yang menyuguhkan ragam kain Nusantara dan kain-kain dari daerah-daerah di Asia ini digelar di Museum Tekstil, Tanah Abang, Jakarta. Tahun ini, Asian Textiles Exhibition mengusung tema 'Share Roots, Diverse Growth, Celebration Asia's Textiles Tradition'.

Pameran ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut Asian Games 2018. Dan, salah satu pihak yang terlibat dalam pameran ini adalah Torajamelo yang menampilkan koleksi kain tenun karya para penenun Toraja, Mamasa, Sulawesi, dan Adonara serta Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kami tentunya bangga terlibat dalam ajang Asian Textiles Exhibition atau Pameran Wastra Asia ini. Karena selama sebulan penuh masyarakat umum dapat mengetahui dan mengenal berbagai kain tradisional dan Asia yang ternyata satu sama lain memiliki benang merah," kata Founder Torajamelo Dinny Jusuf di Museum Tekstil, Tanah Abang, Jakarta Barat, Jumat (10/8/2018).

Di pameran ini, Torajamelo berkesempatan menampilkan koleksi-koleksi tenunnya yang tak cuma berupa kain, tetapi juga berupa pakaian-pakaian ready-to-wear dan cenderamata yang terbuat dari tenun-tenun Sulawesi dan NTT tersebut.

"Pameran ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri para pengrajin, khususnya penenun untuk berinovasi dengan corak, warna, dan desain. Harapan kami, kain tenun asli yang bukan pabrikan bisa semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia sebagai warisan budaya bangsa yang patut dilestarikan," kata dia.

Tak cuma dapat melihat kain dan ragam koleksi busana dari tenun, di Asian Textiles Exhibition ini, Anda juga bisa melihat koleksi-koleksi Batik Indonesia, serta kain-kain yang berasal dari negara-negara di Asia, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, dan masih banyak lagi.


Editor : Tuty Ocktaviany