Cahaya Hati Indonesia

Keutamaan dan Amalan Terbaik di Bulan Zulhijah

Dony Aprian ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 00:08 WIB
Keutamaan dan Amalan Terbaik di Bulan Zulhijah

Cahaya Hati Indonesia yang disiarkan iNews Sabtu (11/8/2018) pukul 07.30 WIB akan mengulas tentang keutamaan bulan Zulhijah. (Foto: iNews).

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Kalender Islam memasuki bulan Zulhijah pada Senin (13/8/2018). Allah menetapkan bulan ini penuh dengan keistimewaan karena di dalamnya terdapat Idul Idha atau hari raya kurban yang diperingati tiap 10 zulhijah.

Pada bulan ini pula umat Islam dari seluruh penjuru dunia melaksanakan rangkaian ibadah haji yang puncaknya berupa prosesi wukuf di arafah.

Allah berfirman yang artinya, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah 12 bulan dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kalian semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah bersama orang-orang bertakwa.” (QS At Taubah: 36)

Disebut bulan haram karena pada bulan tersebut Allah SWT melarang seluruh hamba-Nya berbuat dosa atau melakukan hal yang dinilai haram secara syariat Islam. Oleh masyarakat Arab, bulan ini pun diagungkan. Empat bulan tersebut yakni Zulkaidah, Zulhijah, Muharram, dan Rajab.

Banyak keutamaan pada Zulhijah. Selain berhaji, juga anjuran untuk melaksanakan kurban bagi masyarakat yang mampu. Penyembelihan hewan kurban merupakan wujud pengorbanan umat muslim dan merupakan bentuk ketakwaan pada Allah SAW.

Selain itu, terdapat pula anjuran berpuasa pada 9 Zulhijah atau ketika umat muslim yang menjalankan ibadah haji sedang wukuf di Arafah. "Dan Rasulullah SAW ditanya tentang berpuasa di hari Arafah. Maka, baginda bersabda, 'dia (puasa) menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang'.” (HR Imam Muslim).

Berbagai amalan dan keutamaan Zulhijah inilah yang akan diulas dalam Program Cahaya Hati yang disiarkan stasiun televisi iNews pada Sabtu (11/8/2018) pukul 07.30 WIB.

Tausiah akan disampaikan oleh para alim ulama yakni Syeikh Fikri Thoriq, Habib Alwy bin Abdurrahman Al Habsyi, dan Ustadz Kasif Heer. Acara berlangsung di Masjid Jami Hidayatul Arifin, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.


Editor : Zen Teguh