Kemeja 'Bersih-Merakyat-Kerja Nyata' Jadi Fashion Statement Jokowi

Siska Permata Sari · Minggu, 12 Agustus 2018 - 15:42 WIB
Kemeja 'Bersih-Merakyat-Kerja Nyata' Jadi Fashion Statement Jokowi

KH Ma'ruf Amin dan Joko Widodo. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, iNews.id - Dulu, kemeja kotak-kotak merah sangat identik dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kini, busana khas itu digantikan oleh kemeja putih yang kerap dipakainya saat menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia sejak 2014.

Lima tahun kemudian berlalu dan musim Pemilihan Presiden (Pilpres) tengah berlangsung. Untuk 2019 ini, Jokowi kembali mengajukan diri sebagai calon presiden dengan menggandeng KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya.

Berganti cawapres, berganti pula simbol fashion Jokowi. Bukan lagi kemeja kotak-kotak merah atau kemeja putih polos, kini mantan Gubernur Jakarta ini mengenakan kemeja putih dengan corak tulisan 'Bersih-Merakyat-Kerja Nyata'.

Kemeja dengan tulisan tersebut telah tampak sejak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres, Jumat 10 Agustus lalu. Simbol itu kembali muncul saat tes kesehatan bersama pendampingnya, KH Ma'ruf Amin di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (12/8/2018).

Berbeda dengan kemeja yang sebelumnya, yakni dengan grafiti tulisan 'Bersih-Merakyat-Kerja Nyata' warna hitam, kini grafiti tersebut lebih berwarna-warni. Sementara itu, KH Ma'ruf Amin tampak serasi dengan Jokowi mengenakan busana khas NU jas putih, sarung, sorban, dan kopiah hitam.

Ini tentunya menjadi sorotan para netizen lagi yang tertarik dengan kemeja Jokowi. "Menunggu kemeja ini jadi booming. Kalau endorsernya udah Presiden @jokowi, booming just bind to happen," tulis pemilik akun @just4tien di Twitter.

"Mau beli kemeja putih yg pak @jokowi pake saat cek kesehatan atau disaat pak @jokowi mendaftar ke kpu. dmn ya infonya donk???" kata akun @abie_sava di Twitter.

Sementara itu, pakar mode dan gaya hidup Sonny Muchlison mengatakan, ada makna tersendiri di balik kemeja putih yang sering dikenakan Jokowi. "Kemeja putih itu artinya netral, tidak mengintimidasi orang lain, bersih, dan tanpa pretensi," katanya saat dihubungi iNews.id baru-baru ini.

Selain itu, ditambah fashion statement Jokowi pada tulisan bergaya milenial yang ada di kemeja putihnya itu. "Jadi ditambah tulisan (di kemeja) itu istilahnya, dia mau kerja. Ditambah gaya milenial di tulisannya, yang miliki arti dia dekat dengan kalangan milenial," ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany