Suka Tiba-Tiba Terbangun di Tengah Malam, Ini Alasannya

Siska Permata Sari ยท Senin, 13 Agustus 2018 - 00:02 WIB
Suka Tiba-Tiba Terbangun di Tengah Malam, Ini Alasannya

Alami gangguan tidur. (Foto: Anxienty)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Kualitas tidur yang baik bukan cuma durasi tidur selama tujuh hingga delapan jam semalam, tetapi juga bagaimana Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan merasa segar saat terbangun. Namun, tak semua orang memiliki kualitas tidur yang baik dan nyenyak.

Sebagian dari kita, bahkan mungkin Anda, pernah mengalami yang namanya gangguan tidur, di mana Anda terbangun di sela-sela waktu tidur. Bisa saat tengah malam, maupun dini hari. Kejadian umum ini, menurut mitos yang beredar, dikarenakan hal-hal ghaib atau di luar nalar manusia. Benarkah?

Sayangnya, semua mitos tersebut tidak sesuai dengan temuan-temuan medis yang membeberkan alasan mengapa Anda terbangun di sela-sela waktu tidur. Apa saja alasannya? Yuk simak informasi yang dihimpun iNews.id, Senin (13/8/2018).

Kamar Anda Tak Nyaman

Hal pertama yang berpotensi membuat Anda terbangun di malam atau dini hari adalah kondisi kamar yang tak nyaman. Misalnya, terlalu panas atau dingin, sehingga mau tak mau membuat mata Anda terbuka untuk menyalakan atau mematikan pendingin ruangan. Keterkejutan akibat efek tersebut pada tubuh Anda yang tertidur itulah yang membuat Anda terbangun.

Anda Miliki Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan atau anxiety merupakan suatu masalah kesehatan mental yang berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Ketika Anda memiliki gangguan ini, Anda akan merasakan detak jantung yang lebih cepat atau mimpi buruk saat tertidur, sehingga hal itu dapat membangunkan Anda di tengah malam. Kondisi stres berat dan jangka panjang juga memiliki efek serupa pada kualitas tidur Anda.

Peminum Alkohol

Jika Anda peminum alkohol dan kerap meminum minuman ini sesaat sebelum tidur, kemungkinan besar alkohol lah penyebabnya. Sebab, minum alkohol  sebelum tidur akan membuat Anda perlu buang air kecil dan meningkatkan kemungkinan Anda akan terbangun di malam hari ke kamar mandi.

Sleep Apnea

Jika Anda merasa tersentak saat bangun tidur dan merasa ingin menarik napas, sleep apnea mungkin adalah penyebabnya. Gangguan tidur ini dapat memperlambat dan menghentikan pernapasan saat Anda tertidur. Gejalanya antara lain insomnia, mendengkur saat tidur, kantuk berlebihan di siang hari, mimpi buruk, dan mengalami gangguan pernapasan, seperti napas pendek atau bernapas melalui mulut.


Editor : Tuty Ocktaviany