Ini Alasan Payudara Anda Besar Sebelah & Lebih Banyak Diisap oleh Bayi

Okezone.com · Minggu, 12 Agustus 2018 - 23:32 WIB
Ini Alasan Payudara Anda Besar Sebelah & Lebih Banyak Diisap oleh Bayi

Ibu menyusui. (Foto: Working Mother)

JAKARTA, iNews.id – Suka merasa payudara Anda besar sebelah? Bisa jadi, masalahnya karena faktor-faktor ini.

Memang tidak sedikit perempuan yang sudah pernah melahirkan, lalu menyusui langsung anaknya, tentu merasa jika salah satu payudaranya berbeda satu dengan yang lain. Bahkan, seorang aktris bernama Zoe Hendrix akhirnya memiliki payudara yang miring.

Ia pun tak sungkan membagikan fotonya sebagian payudaranya saat  mengenakan bikini. Hal ini pun membuat banyak perempuan terinspirasi karena tidak hanya mereka saja yang mengalaminya.

Dilansir dari laman The Sun, bayi yang menyukai salah satu payudara saja memengaruhi ukuran payudara si ibu. Perbedaan ukuran payudara, akhirnya dijawab oleh seorang ahli menyusui bernama Pinky McKay. Dia membagikan penjelasannya tentang alasan ukuran payudara tidak rata dan apa yang harus perempuan lakukan.

Mula-mula setiap perempuan mesti paham, payudara yang ukurannya lebih besar adalah lebih banyak diiisap oleh bayi. Semakin banyak susu yang diminum bayi dari salah satu payudara, maka semakin menjadi tambah besar ukurannya.

Alasan bayi hanya menyukai satu sisi payudara saja, menurut Pinky, karena payudara tersebut banyak mengeluarkan susu dibanding payudara yang satunya lagi.

“Satu payudara yang disukai bayi mungkin memiliki lebih banyak saluran susu dan alveoli yang berfungsi menghasilkan volume susu lebih banyak. Bagi perempuan yang menjalani operasi payudara, maka hal tersebut bisa memengaruhi pasokan susu di payudara itu,” katanya.

Lantas, bagaimana cara menyeimbangkan atau menyamakan ukurannya lagi? Anda tidak perlu resah, karena ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bentuk dan ukuran payudara yang indah lagi.

Menurut Pinky, cara pertama yang bisa dilakukan, yaitu mencoba posisi memegang bayi yang berbeda, memompa atau memerah payudara selama lima hingga 10 menit setelah menyusui, dapat membantu merangsang produksi ASI lebih banyak. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan kedua payudara secara bergantian, meskipun bayi cenderung menjadi rewel. Jika ada masalah terkait dengan ukuran payudara yang terlihat tidak seimbang, maka jangan ragu mengonsulkannya pada dokter. Demikian dimuat Okezone.com, Minggu (12/8/2018).


Editor : Tuty Ocktaviany