Bikin A Mother's Love, Joko Anwar Bawa Wewe Gombel ke Ajang TIFF 2018

Siska Permata Sari ยท Jumat, 14 September 2018 - 20:50 WIB
Bikin A Mother's Love, Joko Anwar Bawa Wewe Gombel ke Ajang TIFF 2018

Joko Anwar bersama pemain A Mother's Love. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia tak hanya kaya akan sejarah dan ragam budaya. Tetapi juga mitos dan mistis yang mengikutinya. Seperti halnya hantu-hantu yang menjadi legenda di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Wewe Gombel.

Masih lekat di benak kita, bagaimana hantu Wewe Gombel menjadi ancaman anak-anak kecil ketika ingin bermain di sore hari. Sebab, menurut legenda, hantu wanita satu ini akan menculik anak-anak yang masih bermain saat maghrib.

Legenda hantu masa kecil inilah yang membawa sutradara Indonesia Joko Anwar mengangkat kisah ini sebagai film berjudul A Mother's Love. Film yang menggaet aktris Marissa Anita dan aktor cilik Muzakki Ramdhan ini adalah salah satu serial antologi horor pertama HBO Asia yang mengambil tema Folklore atau legenda.

Tak hanya tayang di HBO, ini menjadi salah satu film yang diputar di Toronto International Film Festival (TIFF) 2018. A Mother's Love juga akan tayang di HBO bersama lima film legenda horor lain dari Asia.

Lalu dari sekian banyak legenda hantu di Indonesia, mengapa sutradara Pengabdi Setan ini memilih Wewe Gombel? "Aku rasa, hantu Wewe Gombel ini merupakan karakter yang luar biasa bisa digali. Karena ada layer of emotion di belakangnya, mengapa dia menculik anak-anak," kata Joko Anwar saat jumpa pers di Grand Hyatt Hotel, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).

Joko mengatakan, ada riset panjang tentang Wewe Gombel yang muncul dalam beragam versi sebelum memulai syuting A Mother's Love.

"Risetnya lumayan intensif. Ada beberapa sumber yang saya baca. Salah satunya, Wewe Gombel itu tadinya adalah sosok wanita yang tak punya keturunan, kemudian suaminya selingkuh. Dan saking kecewanya, wanita itu bunuh diri dan jadilah Wewe Gombel," kata sutradara kelahiran Medan tersebut.

Dengan latar belakang sisi emosional itulah, Joko Anwar akhirnya membawa Wewe Gombel dengan kemasan drama-horor yang digarap di Jakarta ini untuk melanglang buana di TIFF 2018 dan tayang di HBO pada 7 Oktober 2018, pukul 21.00 WIB.


Editor : Tuty Ocktaviany