Mengenal Hantu-Hantu Legenda Asia yang Mendunia lewat Seri Folklore

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 15 September 2018 - 12:12 WIB
Mengenal Hantu-Hantu Legenda Asia yang Mendunia lewat Seri Folklore

Film A Mother's Love garapan sutradara Joko Anwar. (Foto: Twitter)

JAKARTA, iNews.id - Tak cuma Indonesia saja yang memiliki beragam mitos hantu legenda seperti Kuntilanak, Sundel Bolong, Wewe Gombel, hingga Tuyul. Negara-negara di Asia seperti Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, dan Thailand pun memiliki kisah mistisnya masing-masing.

Kisah-kisah mistis hantu legenda itu, kini dikemas dalam bentuk serial film horor bertema Folklore yang tayang di HBO mulai Oktober mendatang. Ada enam episode serial original antologi horor dari HBO Asia yang bisa disaksikan seluruh dunia melalui tayangan HBO.

Seri Folklore ini dimotori oleh beberapa sutradara di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia yang diwakili sutradara Pengabdi Setan, Joko Anwar. Bahkan, hantu-hantu legenda Asia ini juga akan gentayangan di sejumlah festival film dunia. Mulai dari Toronto International Film Festival (TIFF), SITGES International Fantastic Film Festival of Catalonia, dan Fantastic Fest di Amerika Serikat.

Apa saja enam hantu legenda Asia yang saat ini tengah menghantui dunia di festival-festival film? Yuk, simak informasi yang dirangkum iNews.id, Jumat (14/9/2018).

Indonesia

Mengangkat kisah tentang kasih ibu terhadap anaknya, Joko Anwar mengangkat hantu legenda penculik anak, Wewe Gombel di serial film yang diberi judul A Mother's Love. Konflik drama tentang ibu dan anak yang hidup di kelas menengah ke bawah itu,  digabungkan dengan unsur horor dari sang hantu legenda, Wewe Gombel.

Di film A Mother's Love, Joko Anwar menggaet Marissa Anita sebagai seorang ibu bernama Murni dan aktor cilik Muzakki Ramdhan sebagai sosok Jody yang menjadi anak kecil di film tersebut. A Mother's Love menjadi salah satu film yang tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) 2018.

Thailand

Sama-sama tayang di TIFF 2018, film Pob yang disutradarai Pen-Ek Ratanaruang mengisahkan tentang hantu legenda Thailand bernama Pob. Dalam film ini, Pen-Ek menceritakan kisah tentang seorang jurnalis yang bertemu dengan sosok hantu Pob. Hantu ini mengaku telah melakukan pembunuhan dan berbagi cerita dengan sang jurnalis tersebut.

Singapura

Di balik modernitas di negara Singapura, ternyata masih menyimpan kisah mistis tentang hantu legenda. Dia adalah Pontianak, yang dalam legenda hantu Melayu merupakan roh perempuan yang meninggal saat hamil.

Disutradarai Eric Khoo, film berjudul Nobody ini mengisahkan tentang sosok Pontianak yang terbangun ketika pekerja bangunan mengubur jasad seorang gadis yang tewas. Setelah penguburan itu, kejadian-kejadian mistis mulai terjadi di lokasi bangunan tersebut. Film ini juga tampil di SITGES International Fantastic Film Festival of Catalonia di Barcelona, Spanyol.

Jepang

Sama halnya dengan Singapura, Jepang juga terkenal dengan teknologi yang mutakhir. Namun di balik itu, ada kisah mistis dari hantu legenda yang masih melekat. Lewat film Tatami, sutradara Takumi Saitoh mengisahkan tentang seorang penulis kisah pembunuhan yang menemukan kejadian-kejadian aneh setelah pemakaman sang ayah. Di sinilah hantu legenda Jepang itu muncul. Film Tatami juga ditayangkan di SITGES International Fantastic Film Festival of Catalonia di Barcelona.

Korea

Di balik Korea yang sangat terkenal dengan K-Drama, K-Pop, hingga K-Beauty, ternyata masih ada pula hal-hal mistis berbau hantu legenda yang bisa dikenalkan pada dunia. Lewat film Mongdal, sutradara Lee Sang-Woo mengemas drama kasih ibu, asmara wanita dan pria, serta unsur horor yang membawa si hantu legenda Korea. Film Mongdal juga tayang di festival film terbesar di Amerika Serikat, Fantastic Fest.

Malaysia

Tak berbeda jauh dengan Indonesia, Malaysia juga menyajikan tema hantu legenda lokal yang familiar di telinga kita, yaitu Toyol atau tuyul. Mengangkat tema dan judul sama, sutradara Malaysia, Ho Yuhang mengisahkan tentang seorang anggota parlemen yang meminta bantuan sosok perempuan misterius berkekuatan gaib untuk menyelamatkan kota dari kepelikan ekonomi. Selain tayang di HBO, Toyol juga tayang di Fantastic Fest di Texas, Amerika Serikat.


Editor : Tuty Ocktaviany