Waspadai Obesitas jika Tak Ingin Kena Diabetes hingga Gagal Jantung

Siska Permata Sari ยท Kamis, 15 September 2018 - 18:46 WIB
Waspadai Obesitas jika Tak Ingin Kena Diabetes hingga Gagal Jantung

Obesitas bisa picu sederet penyakit. (Foto: Human Resources)

JAKARTA, iNews.id - Kelebihan berat badan bukan cuma perkara penampilan, tetapi juga kesehatan tubuh secara umum. Sebab, kelebihan berat badan atau obesitas merupakan gerbang dari potensi risiko penyakit-penyakit tak menular berbahaya.

Hal ini karena lemak yang berlebihan ada di tubuh Anda dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Apa penyebabnya? Kalori yang masuk lebih banyak daripada yang dibakar oleh tubuh melalui aktivitas fisik sederhana, maupun olahraga.

Lalu, penyakit berbahaya apa yang mengintai mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Apa saja? Mari simak informasinya seperti dilansir dari Everyday Health, Sabtu (15/9/2018).

Gagal Jantung

Kelebihan berat badan atau obesitas telah lama dikait-kaitkan dengan penyakit jantung. Hal ini dibuktikan oleh ilmuwan Swedia yang akhirnya dapat mengkonfirmasi bahwa kelebihan berat badan menyebabkan gagal jantung. Penelitian yang dipublikasikan di PLOS Medicine tersebut melibatkan 200.000 orang yang mengungkapkan hubungan sebab dan akibat antara obesitas dan gagal jantung.

Penyakit Liver

Liver sering dihubungkan dengan minum-minuman alkohol yang berlebihan. Padahal, penyakit ini terjadi karena akumulasi lemak yang menumpuk di organ hati. Penyakit ini juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti sirosis dan kanker hati. Biasanya, gejala yang muncul adalah kelelahan dan rasa tidak nyaman di perut.

Diabetes

Sudah bukan rahasia umum lagi jika obesitas sangat erat kaitannya dengan diabetes. Menurut penelitian yang dipublikasikan di PLOS Medicine, obesitas dapat menyebabkan kadar insulin meningkat dan otomatis meningkatkan risiko diabetes. Penyakit ini pula yang menyebabkan peningkatan risiko penyakit tak menular lain, seperti tekanan darah tinggi, jantung, dan stroke.


Editor : Tuty Ocktaviany