Bahan-Bahan Kimia pada Kosmetik Sebabkan Kanker?

Siska Permata Sari ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 08:13 WIB
Bahan-Bahan Kimia pada Kosmetik Sebabkan Kanker?

Produk kosmetika. (Foto Indian Express)

JAKARTA, iNews.id - Kadang sebagian dari kita tidak sadar jika produk-produk yang digunakan sehari-hari mengandung bahan kimia tertentu. Misalnya pada produk kosmetik, deodorant, hingga produk perawatan lainnya yang terpapar langsung dengan kulit kita.

Bahkan, kita sering menemukan banyak kandungan kimia dalam kosmetik dan produk perawatan kulit lainnya. Misalnya yang sering ditemukan adalah PEG (polyethylene glycol atau ceteareth), sodium laureth sulfate (SLS), paraben, dan fragrance atau parfum.

Apa itu? Dan, bahayakah bagi tubuh? Yuk, simak informasinya seperti dirangkum dari Healthline, Jumat (12/10/2018).

PEG

PEG atau polyethylene glycol atau ceteareth sering ditemukan di produk-produk make-up dan skincare. Hal ini karena kandungan PEG berfungsi agen pembersih dan mengkondisikan kulit. Apakah berbahaya? Tak ada dampak bahaya signifikan dalam penggunaan PEG, hanya saja bagi yang sensitif atau alergi bisa terkontaminasi kandungan ini.

Sodium Laureth Sulfate

Sodium Laureth Sulfate atau SLS sering kita lihat di produk-produk pembersih seperti sabun, sampo dan tak jarang pada sabun pembersih wajah. Meskipun SLS kurang bagus jika diaplikasikan pada wajah karena bisa membuat kering, kandungan ini memiliki fungsi mengemulasi dan membersihkan kulit. Namun, SLS juga berpotensi menyebabkan iritasi kulit bagi kulit yang sensitif dan kering.

Paraben

Nah, mungkin Anda sering mendengar bahan paraben pada kosmetik dan skincare. Bahkan, paraben juga cukup populer memiliki citra yang buruk di dunia kosmetik. Sebab, paraben sendiri merupakan pengawet yang berfungsi membuat produk Anda tahan lama. Meskipun dianggap berbahaya, sebenarnya paraben aman digunakan daripada menggunakan kosmetik atau skincare yang kandungannya telah rusak atau kedaluarsa. Walaupun aman, paraben juga memiliki efek yang dapat mengganggu hormon bagi sebagian orang.

Fragrance

Fragrance atau parfum sangat sering menjadi bahan-bahan skincare, sabun, atau perawatan kulit lainnya. Nah, di fragrance ini umumnya merupakan kombinasi kimia dari 3.000 bahan untuk menciptakan aroma. Penggunaan fragrance yang berlebihan pada kulit atau kulit sensitif berisiko menyebabkan iritasi hingga reaksi alergi.


Editor : Tuty Ocktaviany