Ciri-Ciri Anda Kena Depresi dan Cara Mengatasinya

Muhammad Adjie ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 19:01 WIB
Ciri-Ciri Anda Kena Depresi dan Cara Mengatasinya

Pria alami depresi. (Foto: RVCJ)

JAKARTA, iNews.id – Depresi merupakan hal lumrah yang dialami oleh hampir semua orang. Berbagai faktor dalam menjalani kehidupan di dunia bisa menimbulkan depresi.

Dampak dari depresi sangat beragam. Paling fatal adalah orang yang depresi sangat mungkin mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya. Pasalnya, tiap orang memiliki cara sendiri dalam menghadapi depresi.

Berikut merupakan cara bagaimana mengetahui jika Anda mengalami depresi, sebagaimana iNews.id rangkum dari Boldsky, Kamis (11/10/2018).

Putus Asa dan Tidak Berdaya 

Jika Anda pernah mengalami perasaan putus asa dalam satu hal dan merasa tidak bisa meng¬handle masalah tersebut, itu bisa jadi Anda mengalami depresi. Apabila sudah seperti itu, Anda bisa mengunjungi kerabat atau teman dekat yang bisa dipercaya untuk menceritakan masalah Anda dan membutuhkan dukungan dari mereka.

Minat Beraktivitas Berkurang

Jika Anda merasa tidak memiliki hasrat dalam melakukan kegiatan sehari-hari, bahkan sampai tidak untuk bersosialisasi dengan teman-teman, bisa dikatakan Anda dalam masa depresi. Sebelum perasaan tersebut semakin menjadi, sebaiknya beristirahat sejenak dari daily life Anda dan lakukan hobi yang dapat meningkatkan kebahagiaan Anda.

Lebih Mudah Tersinggung

Apabila Anda lebih mudah tersinggung dan marah dari biasanya, bahkan mengenai hal kecil saja, itu bisa jadi Anda sedang depresi. Anda bisa mencegah atau meredam amarah dengan meninggalkan tempat atau orang-orang sekitar yang dapat memicu amarah, serta menenangkan diri di tempat favorit Anda.

Konsumsi Alkohol Berlebihan

Jika Anda mengonsumsi alkohol lebih banyak dari biasanya, mungkin Anda sedang depresi. Biasanya, alkohol menjadi ‘pelarian’ bagi orang depresi yang ingin melupakan sejenak mengenai hal yang membuatnya depresi.

Tidak Dapat Kendalikan Pikiran Negatif

Apabila Anda selalu negative thinking terhadap apa pun dan selalu dilanda kegelisahan, bisa dikatakan Anda mengalami depresi. Disarankan agar Anda berlibur ke tempat yang dapat menenangkan pikiran dan belum Anda kunjungi sebelumnya. Itu mungkin dapat menghilangkan pikiran negatif dan kegelisahan tersebut hilang dari diri Anda.

Tidur dan Nafsu Makan Berubah

Jika jadwal tidur Anda jadi tidak beraturan, serta nafsu makan Anda berubah-ubah, mungkin Anda sedang depresi. Untuk itu, Anda perbanyak kegiatan yang menyenangkan, mungkin hobi atau berolahraga agar dapat membalikkan pola tidur dan makan Anda.


Editor : Tuty Ocktaviany