Ingin Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat, Simak Cara Jitunya

Siska Permata Sari ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 19:54 WIB
Ingin Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat, Simak Cara Jitunya

Alvin Hartanto (Foto: Siska/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Bagi sebagian orang, mengonsumsi gizi seimbang saja belum cukup untuk mendapatkan berat badan ideal. Adakalanya timbul keinginan melakukan pola diet tertentu demi mencapai berat badan yang diinginkan.

Namun, tak semua diet sehat bagi tubuh. Tak jarang, salah mengambil pola diet bisa membuat kadar insulin meningkat atau menimbulkan penyakit pencernaan seperti diare atau magh. Lalu bagaimana diet yang sehat?

Nutritionist muda sekaligus Diet Coach Online Alvin Hartanto menjelaskan, diet tak cuma soal makanan tetapi juga pola hidup sehari-hari yang dapat mempertahankan, mengurangi, atau meningkatkan berat badan.

"Bagaimana menjalani pola hidup sehat? Pola makan sehat, olahraga rutin dalam sepekan, dan istirahat cukup minimal 6-8 jam per hari," kata Alvin, dalam Talkshow kesehatan Hari Pangan Sedunia, di Gran Mahakam Hotel, Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).

Tak sekadar pola hidup sehat, Alvin juga membagikan cara menerapkan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Apa saja? Simak informasinya seperti dirangkum iNews.id:

1. Tahu Batasan Kalori yang Dibutuhkan

Sebelum menerapkan pola diet, sebaiknya Anda mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Sebab, setiap orang memiliki jumlah kalori berbeda-beda. Alvin menyarankan untuk menghitung kalori yang dibutuhkan dengan rumus: berat badan (BB) x 25, untuk menurunkan bobot serta BB x 33 untuk mempertahankan berat badan ideal. Jika ingin praktis dan lebih akurat, Anda bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori.

2. Konsumsi Makanan Alami

Mengonsumsi makanan olahan menyumbang kalori besar bagi tubuh. Oleh sebab itu, Alvin menyarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan alami atau natural seperti buah-buahan, sayuran, dairy product seperti telur, yoghurt, dan susu, serta tepung gandum, seperti oatmeal atau roti gandum. Untuk mengimbanginya jangan lupa menambahkan protein hewani dari daging ayam, sapi, atau ikan.

3. Diet 2.000 Kalori

Perempuan rata-rata memerlukan 2.000 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan, dan 1.500 kalori untuk kehilangan berat badan satu pon per minggu. Sementara pria rata-rata membutuhkan 2.500 kalori untuk menjaga berat badan ideal dan 2.000 kalori untuk kehilangan satu pon berat per minggu.

Jika ingin mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan dengan menggunakan pola diet 2.000 kalori, Anda bisa menggunakan contoh pola makan dari Alvin.

Sarapan: Enam sendok makan oatmeal atau dua buah pisang atau dua lembar roti gandum yang ditambah dengan segelas susu. Ini sudah memberikan 350 kalori.

Snack pagi: Pada pukul 09.30 atau ketika membutuhkan asupan tambahan, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan ditambah susu yang juga memberikan 350 kalori.

Makan siang: Untuk mendapatkan makan siang sehat dan berisi, Anda bisa menggunakan nasi merah (4 SDM), daging ayam, sapi, atau ikan (200 gram), dan sayuran. Makanan ini memberikan Anda 600 kalori.

Snack sore: Di sore hari, Anda bisa menambahkan kebutuhan kalori dengan makanan-minuman sehat seperti buah, teh, kopi, atau yoghurt dan dua roti gandum. Snack ini rata-rata memberikan Anda 200 kalori.

Makan malam: Untuk asupan di malam hari, Alvin tidak menyarankan mengonsumsi nasi. Lebih baik memilih makanan-makanan kaya protein seperti daging dan sayuran yang memberikan Anda 400 kalori.

Selamat mencoba!


Editor : Anton Suhartono