Sebelum Intai Anda, Yuk Kenali Penyebab Kanker Kulit hingga Gejalanya

Siska Permata Sari ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 20:39 WIB
Sebelum Intai Anda, Yuk Kenali Penyebab Kanker Kulit hingga Gejalanya

Cek kesehatan. (Foto: Hello Sehat)

JAKARTA, iNews.id - Kanker kulit sering diketahui merupakan penyakit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebihan ke dalam kulit. Sinar matahari yang menyengat kulit, membentuk pertumbuhan sel-sel abnormal pada kulit.

Kanker kulit sendiri memiliki ragam jenis berbeda yang penyebab dan gejalanya juga berbeda. Di antaranya karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Selain sinar matahari, ada penyebab-penyebab lain yang menyebabkan terbentuknya kanker kulit.

Penyebab

Sinar matahari, terutama yang mengandung ultraviolet (UV) berpotensi merusak DNA dalam sel-sel kulit. Tak hanya pada sengatan sinar matahari di siang hari, radiasi sinar UV dari paparan lampu ketika tidur pun dapat menjadi penyebabnya. Demikian dilansir dari Mayo Clinic, Kamis (11/10/2018).

Selain sinar matahari, ada faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. Di antaranya warna kulit cerah, riwayat sunburns atau kulit sering terbakar matahari, tinggal di iklim bersuhu tinggi, riwayat keluarga, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gejala

Meskipun setiap jenis kanker gejalanya berbeda-beda, namun umumnya bisa tampak pada kulit Anda. Misalnya, gejala melanoma yang meliputi bercak coklat besar disertai bintik-bintik gelap, tahi lalat yang berubah warna, ukuran, dan menjadi sakit, lesi kecil di kulit warna putih atau biru, hingga lesi gelap yang tampak di telapak tangan, telapak kaki hingga ujung jari.

Melihat gejala-gejalanya yang dapat dirasakan dengan memperhatikan perubahan di kulit, Anda bisa mendeteksi dini sendiri. Mulai dari pemeriksaan diri di depan cermin, hingga melakukan cek kesehatan ke dokter spesialis untuk mengetahui gejala-gejala awal.


Editor : Tuty Ocktaviany