Selain Mudah Marah, Cek Tanda-Tanda Pria Alami Depresi

Muhammad Adjie ยท Kamis, 11 Oktober 2018 - 13:43 WIB
Selain Mudah Marah, Cek Tanda-Tanda Pria Alami Depresi

Pria alami depresi. (Foto: NHS60)

Jakarta, iNews.id - Pria sering tampil sebagai orang yang kuat dan dapat mengendalikan emosi mereka. Tetapi ketika depresi menyerang, mereka sering mengingkari atau mencoba untuk menutupinya.

Depresi mempengaruhi pria dan wanita secara berbeda. Telah ditemukan bahwa rasio pria yang mencari pengobatan untuk penyakit mental adalah dua kali lipat dibandingkan dengan wanita.

Berikut tanda-tanda dan gejala pria mengalami depresi, seperti dirangkum dari Boldsky, Kamis (11/10/2018)

Disfungsi Ereksi 

Kinerja yang buruk di tempat tidur sangat terkait dengan depresi. Hilangnya keinginan dan disfungsi seksual adalah gejala yang pria tidak diceritakan.

Kelelahan 

Menurut seorang psikolog klinis dari University of Alabama, pria lebih cenderung melaporkan kelelahan dan gejala fisik depresi lainnya daripada wanita.

Masalah Tidur 

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit adalah beberapa gejala depresi pada pria.

Nyeri Perut atau Sakit Punggung 

Menurut kelompok fokus yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health, pria tidak menyadari bahwa sakit kronis dan gangguan pencernaan terkait dengan depresi.

Merasa Rapuh 

Daripada menunjukkan kesedihan, pria menunjukkan tanda-tanda iritabilitas karena mereka terus-menerus memiliki pikiran negatif.

Hilang Konsentrasi 

Retardasi psikomotor mengurangi kemampuan seorang pria untuk memproses informasi, ini mengganggu fokus dan konsentrasi.

Mudah Marah 

Beberapa pria menunjukkan depresi dengan menjadi marah atau agresif.

Tampak Cemas 

Dikatakan bahwa pria lebih cenderung menderita gangguan kecemasan dibandingkan wanita. Tanda dan gejala lain adalah pikiran untuk bunuh diri, perilaku pelarian diri, penyalahgunaan alkohol atau narkoba, perilaku berisiko dan kekerasan atau kasar.


Editor : Tuty Ocktaviany