23 Tahun Berkarya, Rinaldy Yunardi Kenang Tiara Pertama yang Dibuatnya

Siska Permata Sari ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 23:13 WIB
23 Tahun Berkarya, Rinaldy Yunardi Kenang Tiara Pertama yang Dibuatnya

Desainer aksesori Rinaldy A Yunardi. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id – Hari ini genap sudah 23 tahun Rinaldy A Yunardi berkarya di industri mode Tanah Air. Memulai karier pada 1996, kini nama Rinaldy A Yunardi tengah besar di kancah mode Indonesia dan dunia.

Saat ini, rentetan daftar selebriti Tanah Air hingga dunia telah banyak yang mengenakan aksesori rancangan Rinaldy. Selebriti Indonesia saja seperti Titi DJ, Rossa, Anggun, Syahrini, Ayu Ting Ting, dan masih banyak nama besar lainnya mengenakan karya rancangan Rinaldy.

Belum lagi nama-nama selebriti dunia seperti Madonna, Nicki Minaj, Ariana Grande, Beyonce, Christina Aguilera, Kety Perry, Taylor Swift, hingga baru-baru ini karyanya dikenakan oleh pelantun 'Umbrella' Rihanna.

"Ya, bisa mencapai 23 tahun berkarya dan mencapai penghargaan, terus karyanya dipakai selebriti Indonesia dan internasional, kemenangan saya. Wah, itu bagaikan mimpi yang sangat indah dan tidak termimpikan," kata Rinaldy saat ditemui iNews.id di butiknya kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (11/1/2019).

Sejak dulu dia tidak pernah terpikirkan menjadi seorang desainer. Sebab, dia mengaku saat muda tak memiliki background seorang desainer sama sekali.

Setelah menyelesaikan bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) di tahun 1989-1990, dia mulai bekerja di perusahaan swasta. Di sana dia belajar manajemen dan mengenal seorang desainer bernama Kim Tong, itulah awal di mana Rinaldy melihat tiara.

"Jadi, dia mengajak saya menjadi tim marketing menjual karya orang luar ke Indonesia. Itu kali pertama saya melihat tiara," ucap Rinaldy mengenang.

Namun, bukan di situ awal mula dia terpikir membuat aksesori-aksesori yang gemerlap. Justru ketika bekerja di tempat sang kakak, sebuah pabrik elektronik, dia mencoba menciptakan karya headpiece dari acrylic dan manik-manik swarovski.

"Nggak tahu kenapa setelah itu saya berpikir lebih jauh lagi. Aku nggak bisa menjawab, itu Tuhan yang kasih. Tapi nggak tahu kenapa ini bisa terjadi dan saya tetap mau melanjutkan, serta membuatnya menjadi tiara," ucap dia.

Itu adalah karya tiara pertama dan diakuinya paling sulit selama 23 tahun berkiprah di industri mode. "Ini tiara paling sulit dikerjakan, di mana saya tidak pernah mempelajarinya. Tiara seperti ini kalau tidak salah dulu itu dijual sekitar Rp45 ribuan," ucapnya.

Kini, karya-karyanya telah dikenakan oleh selebriti Tanah Air dan dunia, serta dibanderol jutaan rupiah. Di 23 tahun berkarya ini, dia mengaku masih ingin terus fokus berkarya, mempersembahkan sesuatu yang terbaik bagi Indonesia.


Editor : Tuty Ocktaviany