Agar Tak Cepat Habis, Ini Cara Mengelola THR yang Benar

Dini Listiyani ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 11:20 WIB
Agar Tak Cepat Habis, Ini Cara Mengelola THR yang Benar

Agar tak cepat habis, ini cara mengelola THR yang benar (Foto: Mobiquityinc)

JAKARTA, iNews.id - Tunjangan Hari Raya (THR) adalah hal yang paling ditunggu menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Jika tidak mengelola THR dengan baik, maka uang tersebut akan terasa cepat habis.

Agar THR tidak cepat habis, Anda perlu mengelolanya dengan baik. Mengingat, menjelang Lebaran banyak sekali kebutuhan yang harus diperlukan.

Jika bingung untuk mengelola THR, Anda bisa mencoba panduan berikut ini yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (18/5/2019).

Bikin List
Sebelum membelanjakan uang THR, sebaiknya bikin list terlebih dulu barang apa saja yang perlu dibeli. Misalnya, baju untuk orangtua, diri sendiri, adik/kakak, bahan makanan, hingga kue-kue kering. Namun, ada baiknya Anda tidak menghabiskan semua uang THR Anda untuk persiapan Lebaran tersebut.

Ongkos Mudik
Bila Anda diharuskan mudik menggunakan pesawat, kereta api, atau kapal laut, usahakan membeli tiket dari jauh-jauh hari untuk menghindari kelangkaan dan harga yang mahal.

Zakat
Selain persiapan mudik, Anda juga perlu menyisihkan uang untuk membayar zakat. Jangan sampai Anda memelupakan kewajiban Anda yang satu ini ya.

Angpau
Jika memiliki keponakan atau sepupu jangan lupa untuk menyisihkan uang THR. Untuk dibagikan kepada keponakan Anda bisa masukan ke dalam amplop kecil dengan nominal mulai Rp10.000 hingga Rp50.000, yang bisa disesuaikan dengan usia atau jumlah keponakan.

Menabung
Poin yang satu ini jangan sampai lupa. Setelah membuat daftar keperluan Anda dengan dibelanjakan menggunakan THR, Anda bisa menyisihkannya untuk ditabung. Sebab, ini bisa menjadi dana tambahan untuk tabungan Anda.


Editor : Dini Listiyani