Agnez Mo Ungkap Asal Usul Nama Jawa pada Orang Tuanya

Fajar Adityo Nugroho ยท Senin, 02 Desember 2019 - 13:15 WIB
Agnez Mo Ungkap Asal Usul Nama Jawa pada Orang Tuanya

Agnez Mo jelaskan unsur nama Jawa pada orang tuanya. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Pernyataan Agnez Mo tetang tak memiliki darah Indonesia dalam wawancara Build Series beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Bahkan nama Jawa, Muljoto yang berada dibelakang namanya pun dipertanyakan oleh netizen.

Pelantun lagu Diamond melalui channel YouTube Deddy Corbuzier pun meluruskan asal nama Muljoto serta silsilah keluarganya. Dia menjelaskan bahwa Muljoto merupakan nama sang Ayah yang diganti dari nama China. Kala itu nama Indonesia diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

"Pada zamannya, orang China yang punya tiga suku kata nama harus ganti yang lebih Indonesia," ujar Agnez Mo.

Agnez Mo menjelaskan bahwa dia tidak memiliki keturunan Jawa karena nama Ayahnya. Nama tersebut ada karena kebutuhan saat itu.

"Jadi nama Muljoto itu bukan dari kakek nenek moyang saya, itu bapak saya yang bikin," ujarnya.

Deddy Corbuzier yang memiliki keturunan China membenarkan tentang perubahan nama tersebut. Dia mengatakan bahwa sang kakek juga diharuskan mengubah namanya.

"Mereka tidak mengalami masa itu, enggak bisa menyalahkan karena mereka enggak mengerti," ujarnya.

Karena tak memiliki garis keturunan Jawa, dia pun membenarkan pernyataannya tak memiliki darah Indonesia di acara Build Series.

"Pernyataan itu maksudnya, secara biologis atau garis keturunan. Kalau mengaku orang Jawa berarti saya bohong dong?" ujarnya.

Agnez Mo menyayangkan banyak orang yang salah mengartikan pernyataannya di acara tersebut. Bahkan tak sedikit yang mengaitkan dengan kewarganegaraan serta nasionalismenya.

"Kalau gue enggak bangga jadi orang indonesia, kenapa juga gue selalu bicara soal Indonesia," ujarnya.


Editor : Adhityo Fajar