Bersedekahlah, Maka Rezekimu Akan Ditambah

Siska Permata Sari · Senin, 19 April 2021 - 09:27:00 WIB
Bersedekahlah, Maka Rezekimu Akan Ditambah
Dai Muda RCTI. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Alhamdulillah, kita masih bisa bertemu dengan bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh cinta dan kasih sayang. Karena berkah dan hidayahnya dari Allah SWT kita semua diberikan kekuatan hingga bisa sampai di bulan Ramadan ini. 

Di Ramadan kali ini RCTI+ mempersembahkan program streaming reguler yang dikemas spesial dengan tema-tema Ramadan dengan konsep yang santai untuk anak muda bertajuk Dai Muda Spesial Ramadan. Di episode ke 2 Jumat lalu, menghadirkan 2 Dai Muda Ahkam dan Sya’ban, membahas tema Jumat Berkah Dengan Bersedekah. 

Menurut Sya’ban, sedekah itu sangat luar biasa sekali. Mengapa? Karena ketika kita bersedekah, tidak akan kekurangan, melainkan malah bertambah. Nabi bersabda: “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah”. 

Ahkam juga menjelaskan bahwa, bertambah tidak hanya dengan harta, melainkan bisa bertambah kesehatan, bertambah kehidupan yang lebih baik, bertambah luas rezekinya, hingga bertambah tenang hidupnya seakan akan tidak ada beban. Oleh karena itu, jangan takut untuk bersedekah. 

“Jangan pernah malas untuk bersedekah”, ujar Ahkam. 

Ada suatu cerita yang dijelaskan oleh Ahkam, di mana ada seseorang yang terkena penyakit, tetapi bisa hilang begitu saja hanya karena ia rajin bersedekah. Dan itu merupakan barokahnya dari bersedekah. Rasulullah mengatakan bahwa sedekah menjauhkan kita dari bala bencana, seperti penyakit.

Hal itu juga dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat At-Thabrani. 

“Bersegeralah bersedekah, maka bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Berilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)”.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2 3