Cara Mendidik Anak Jadi Saleh dan Salihah, Irfan Hakim: Berikan Contoh

Siska Permata Sari ยท Minggu, 10 Mei 2020 - 15:07 WIB
Cara Mendidik Anak Jadi Saleh dan Salihah, Irfan Hakim: Berikan Contoh

Irfan Hakim bersama keluarga. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Irfan Hakim mempunyai cara tersendiri dalam mendidik anak-anaknya bersama sang istri. Salah satunya tentang agama yang dia tanamkan sedini mungkin pada anak-anaknya.

Hal itu tampak pada potret manis anak-anaknya yang sudah pandai mengikuti ajaran agama. Misalnya, tiga anak perempuannya yang kini tampil mengenakan hijab.

Sebenarnya, seperti apa sih cara mendidik anak ala Irfan Hakim?

“Sebetulnya kalau ditanya cara mendidik anak menjadi saleh dan salihah, ya tidak ada formula yang pasti, maksudnya mengenai caranya. Tapi yang pasti, sesuai dengan Alquran dan sunnah,” kata pembawa acara kondang tersebut seperti dikutip dari Ngobrol Bareng Seleb di RCTI+, Minggu (10/5/2020).

Dia mengatakan, setiap keluarga punya cara tersendiri dalam mendidik anak. Bahkan, setiap anak pun dididik secara berbeda sesuai dengan karakter si anak.

“Tetapi yang jelasnya, paling utama, yaitu memberikan contoh. Jadi misal di rumah kadang-kadang saya kaget sendiri, anak saya yang masih usia satu tahun, tiba-tiba ngambil kain, lalu melakukan adegan salat,” ucap Irfan Hakim.

Tak hanya salat, kadangkala bahkan si bungsu juga ikut-ikutan seolah sedang mengaji, ketika melihat dirinya atau sang istri mengaji.

“Jadi tergantung sama orangtuanya, gimana caranya, ya dari orangtuanya. Intinya sih seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yaitu dekat tetapi tetap tegas,” ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany