Dokter Tirta yang Gencar Lawan Covid-19 Kini Berstatus PDP dan Ingatkan soal Ini

Siska Permata Sari ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 11:06 WIB
Dokter Tirta yang Gencar Lawan Covid-19 Kini Berstatus PDP dan Ingatkan soal Ini

Dokter Tirta yang gencar lawan Covid-19 kini berstatus PDP. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Dokter sekaligus relawan peduli pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) Tirta Mandira Hudi atau akrab disapa dr Tirta, kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Dia mengatakan saat ini berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Sebelum dirawat di rumah sakit, dr Tirta merupakan salah satu orang yang gencar melawan virus korona di Indonesia. Selain menjadi relawan, dokter muda ini juga menyuarakan untuk lockdown atau karantina wilayah.

Pria lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta tersebut juga melakukan penggalangan dana hingga sempat membagikan alat pelindung diri (APD) sebelum tumbang dan mengalami gejala virus corona.

“Saya memutuskan bedrest total, dan mengunci diri saya sendiri. Saya sudah mulai batuk, gejala demam, ini day 1. Jika sampe day 3 saya ga baik2 aja. Saya terpaksa harus ke rs,” tulis dr Tirta di akun media sosial Twitternya pada Sabtu (28/3/2020).

“Sebelum saya ke rs, saya sempat mengirimkan apd ke rsup sardjito jogja + rs kramat 128. Sisanya akan dibantu JDN (junior doctor network),” tulisnya kembali.

Selang satu hari dari cuitan tersebut, dia kini di rumah sakit dan menjalani perawatan. Berstatus PDP, dia mengatakan kalau saat ini dirinya baik-baik saja, meskipun mengalami gejala demam dan batuk.

“Saya baik-baik saja. Pihak RS kartika pulo mas merawat saya dengan baik,” tulisnya.

Dia juga berpesan untuk tidak berpergian ke Jakarta atau keluar dari kota yang tingkat penyebaran virusnya tinggi tersebut.

“Buat kalian yang udah tinggal d jkt, Jangan keluar jkt. Karena itu ngebuat buruk. Karena bisa menulari sekitar kalian d kampung kalian. Undang2 kebijakan di umumkan next week, Lagi dibuat simulasinya. Meski skrng saya dirawat di RS, tetep perjuangan ga bisa berenti,” tulis dr Tirta dikutip dari Instagramnya, Minggu (29/3/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany