Door to Door, Awal Karier Maestro Tata Rambut Rudy Hadisuwarno

Siska Permata Sari ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 14:52 WIB
Door to Door, Awal Karier Maestro Tata Rambut Rudy Hadisuwarno

Maestro tata rambut Rudy Hadisuwarno. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Saat ini, siapa yang tidak kenal sosok Rudy Hadisuwarno? Apalagi bagi yang berkiprah di dunia salon dan kecantikan, Rudy adalah sosok legendaris di bidang ini. Telah berkarier di dunia tata rambut sejak 50 tahun yang lalu, asam manis perjalanan hidup tentu sudah pernah dilaluinya.

Di balik perjalanan kariernya yang panjang serta kesuksesannya memiliki bisnis salon di Indonesia hingga mancanegara, ada cerita yang melatarbelakangi. Ada suka duka yang telah dicecapnya hingga hari ini.

Siapa yang menyangka, jika dahulu, Rudy Hadisuwarno muda memulai kariernya sebagai penata rambut dari pintu ke pintu.

"Memang dulu kan saya mengerjakan hairstyling ini untuk mencari nafkah ya, untuk belajar, sekolah, kuliah. Kemudian setelah selesai sekolah tata rambut, sambil kuliah saya juga menerima pelanggan di rumah atau door to door," tutur Rudy mengenang masa mudanya saat ditemui iNews.id di kantornya di bilangan Cideng, Jakarta Pusat, Kamis 6 Desember 2018.

Saat melayani pelanggan di rumah dan dari pintu ke pintu, pria yang setahun lagi genap 70 tahun ini mengaku menerima order untuk menggunting dan mewarnai rambut. "Saya mulai itu tahun 1968, tiga tahun menjalani ini, kemudian saya mulai menyadari saya harus menentukan ini (hairstyling) merupakan pekerjaan saya," kata dia.

Berawal dari mulut ke mulut, jasa Rudy di dunia tata rambut semakin santer terdengar, hingga pelanggannya mulai 'naik kelas' seperti model, artis, dan para pejabat mempercayakannya untuk 'mendadani' mereka. Apalagi di era 1970-an itu, dunia salon belum banyak yang diurus secara profesional dan profesi sebagai hairstylist belum seterkenal sekarang.

Beberapa artis yang pernah didandaninya semasa awal-awal karier Rudy Hadisuwarno, di antaranya penyanyi Vina Panduwinata, model dan aktris Christine Hakim, serta desainer kenamaan Indonesia, Poppy Dharsono.

"Saya masih ingat guntingan-guntingan saya waktu itu, banyak dipakai penyanyi. Kalau ingat, Vina Panduwinata waktu itu rambutnya dibuat keriting-keriting, itu guntingan saya. Tren rambut keriting sangat happening saat itu (era 1970-an)," ucap dia.

Dia juga masih mengingat masa-masa dirinya menggebrak dunia kecantikan dengan menyulap rambut panjang Christine Hakim menjadi gaya rambut pendek ala laki-laki. Hal itu, kata dia, menjadi kontroversial di masa itu karena belum banyak perempuan yang berpotongan rambut pendek.

Puluhan tahun berlalu dan bisnis kecantikan seorang Rudy Hadisuwarno semakin berkembang. Dia kini memiliki lebih dari 100 cabang yang tersebar di Sabang sampai Merauke. Bahkan, tahun ini dia telah menginjak usia 50 tahun berdedikasi di dunia kecantikan, terutama tatanan gaya rambut.

Bertahan hingga sejauh itu, kuncinya sederhana. Pertama, kata dia, adalah fokus. Kemudian inovatif dalam mengeluarkan koleksi atau tren baru. Terakhir, kata dia, dan tak kalah penting adalah memperhatikan keinginan pasar, serta menekan ego pribadi demi menciptakan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.


Editor : Tuty Ocktaviany