Dua Masakan Ini Siap Diolah Para Peserta di FPL Jakarta

Diaz Abraham ยท Jumat, 09 November 2018 - 05:34 WIB
Dua Masakan Ini Siap Diolah Para Peserta di FPL Jakarta

Dua kuliner legendaris Betawi, nasi ulam dan semur jengkol, harus dikreasikan peserta saat Festival Pesona Lokal di GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (11/11/2018) nanti. (Foto: iNews).

JAKARTA, iNews.id - Jauh sebelum Indonesia merdeka, Kota Batavia menjadi pusat pemerintahan Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC). Tak aneh bila kota ini menghadirkan banyak lapangan pekerjaan bagi warga yang tinggal di sekitarnya.

Ditunjang dengan pelabuhan yang ramai, Sunda Kelapa, perputaran uang di wilayan ini terus berlangsung. Selain itu, akulturasi budaya terjadi melalui para pelancong, saudagar, serta pelaut dari luar negeri.

Dengan berbagai interaksi itu, tidak mengherankan bila banyak kebudayaan di Batavia mirip dengan ciri khas dari daerah lain seperti China, Arab, dan Belanda. Kemiripan ini terlihat dari pakaian pada adat pernikahan, alat musik, dan terutama makanan.

Makanan khas dari daerah ini beraneka ragam, dua di antaranya nasi ulam dan semur jengkol. Nasi ulam merupakan makanan yang khas kebudayaan melayu, nasi ini terdiri dari berbagai bumbu dan rempah sehingga dengan taburan serundeng, irisan mentimun, dan daun kemangi.

Masakan kedua yakni semur jengkol menjadi makanan favorit warga yang tinggal di Batavia, dan kini menjadi Jakarta. Pada olahan semur, terdapat kuah yang dibuat dari bumbu-bumbu dengan bahan utamanya merupakan jengkol.

Banyak orang yang tidak suka dengan jengkol karena baunya cukup menyengat dan menusuk hidung. Karena itu, untuk menghilangkannya, masyarakat sering merendamnya di dalam air kapur terlebih dahulu.

Seiring perkembangan zaman, Jakarta tumbuh menjadi kota sangat modern. Kendati demikian, warganya tetap menjunjung kearifan lokal sehingga dua olahan tadi tetap bisa dinikmati.

Menilik sejarah panjang itu, kedua kuliner itu pun dipilih sebagai masakan yang harus dikreasikan oleh para peserta dalam kegiatan kreasi masakan daerah pada gelaran Festival Pesona Lokal Jakarta.

Acara ini akan digelar pada Minggu, 11 November 2018 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Senayan. Di tempat ini, para pengunjung juga bisa menikmati kemeriahan parade karnaval budaya, lomba mural, dan UMKM terbaik. Aksi panggung dari Judika dan Via Vallen bakal menyapa pengunjung. Ayo datang dan ramaikan acaranya.


Editor : Zen Teguh