Gaya Milenial Jadi Fashion Statement Jokowi di Periode Pertama, Akankah Terulang?

Siska Permata Sari ยท Minggu, 20 Oktober 2019 - 14:06 WIB
Gaya Milenial Jadi Fashion Statement Jokowi di Periode Pertama, Akankah Terulang?

Jokowi sering terlihat tampil kasual dalam menjalankan tugasnya di periode pertama. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sebentar lagi Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019). Ini menjadi periode kedua bagi Jokowi mengisi jabatan sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Tak hanya kinerjanya selama ini dalam memimpin negara, Jokowi juga kerap disorot lantaran gaya berpakaiannya. Bukan tanpa sebab, Jokowi seolah mendobrak pakem selama ini jika presiden harus tampil secara kaku dan resmi.

Lihat saja, gaya berbusananya di periode pertama selama lima tahun belakangan ini. Pria kelahiran Surakarta ini justru kerap tampil bak anak muda dengan mengenakan sepatu sneaker, celana jins, hingga jaket bergaya Dilan.

Berikut deretan gaya busana Jokowi ala milenial seperti dirangkum iNews.id, Minggu (20/10/2019).

Sporty Pakai Sneaker


Jokowi sangat identik dengan busana kemeja putih yang dipadukan dengan celana panjang hitam. Tetapi dalam berbagai kesempatan saat mengerjakan tugas negaranya, Jokowi kerap memadukan ciri khas gayanya itu dengan sepatu sneakers.

Kerennya lagi, Jokowi juga mempercayakan brand lokal untuk sepasang sepatu sneakers yang kerap dipakainya, yaitu sepatu Yoga FlexKnit V2.0 Carbon Black dari NAH Project.

Jaket Jins kayak Dilan


Style Iqbaal Ramadhan dalam film Dilan yang sempat ngetren awal 2018 ini, rupanya pernah diikuti Jokowi saat kunjungan ke Sukabumi. Saat itu, Jokowi mengenakan jaket denim atau handpainted denim jacket dari brand lokal, Nevertoolavish.

Tak sama dengan jaket jins pada umumnya, milik Jokowi itu terdapat lukisan peta Indonesia sekaligus ragam kultur Nusantara di bagian punggung jaketnya.

Celana Jins


Tak cuma jaket, Jokowi kerap menggunakan celana yang kasual, yaitu jins. Bahkan tak jarang, Jokowi memadukan celananya tersebut dengan atasan kaus atau kemeja putih, seperti ciri khasnya.

Jaket Sporty saat Asian Games


Demi mempromosikan perhelatan olahraga terbesar se-Asia, yakni Asian Games, Jokowi juga tampil stylish dengan jaket 'Asian Games' yang dilukis tangan oleh seniman-seniman muda Indonesia. Ada yang warna merah, kuning, hingga hitam.

Editor : Tuty Ocktaviany