Harry de Fretes Bantu Urus Kremasi Aktor Robby Tumewu

Antara, Siska Permata Sari ยท Senin, 14 Januari 2019 - 15:07 WIB
Harry de Fretes Bantu Urus Kremasi Aktor Robby Tumewu

Robby Tumewu. (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA, iNews.id – Aktor sekaligus desainer ternama Indonesia, Robby Tumewu meninggal dunia, Senin (14/1/2019). Sebagai sahabat, aktor Harry de Fretes turut membantu proses pemakaman Robby Tumewu.

Harry saat ini ikut mengurusi jenazah aktor yang baru menghembuskan napas terakhir pada dini hari akibat sakit.

"Kita masih agak repot, mengurus buat kremasi dan sebagainya," kata Harry dihubungi lewat telepon, Senin (14/1/2019). Harry menambahkan, jenazah akan disemayamkan di Tangerang.

Harry adalah orang yang mengajak Robby bergabung dalam Lenong Rumpi. Semenjak itu, aktor sekaligus perancang busana itu kerap membintangi serial komedi hingga film layar lebar seperti Ca Bau Kan, Gie, dan 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta.

Tak hanya hadir di layar lebar, Robby pun sempat bermain dalam 10 judul sinetron. Dia sempat mengasah akting dalam sinetron Khanza, Kecil-kecil Jadi Manten, serta Keluarga Van Danoe.

Robby Tumewu meninggal di usia 58 tahun. Aktor senior ini meninggal dunia di kediamannya Tangerang, Banten, sekitar pukul 00.15 WIB.

Sementara itu menurut sahabatnya, Debby Sahertian, Robby Tumewu meninggal karena sakit infeksi paru.

"Beliau itu kan sudah tiga kali pecah pembuluh darah. Pecah pembuluh darahnya dari 2010 lalu. Tapi meninggalnya karena sakit infeksi paru," kata Debby Sahertian, dikutip dari Okezone, Senin (14/1/2019).

Debby terakhir kali menjenguk Robby pada 4 Desember 2018, tepat di hari ulang tahunnya. Dia datang bersama teman-teman Lenong Rumpi sekaligus merayakan momen Natal.

Kondisi Robby terlihat lemah dan tak mengingat teman-temannya. Dia hanya terbaring dan susah untuk diajak berbicara. 

"Kondisinya masih terbaring saja, karena beliau kan sudah enggak bisa diajak bicara. Dia juga enggak ingat lagi dengan kita. Karena kan pembuluh darahnya sudah pecah ya," ujarnya.


Editor : Tuty Ocktaviany