Ini Kriteria Pemimpin dalam Islam

Diaz Abraham ยท Sabtu, 13 April 2019 - 10:01 WIB
Ini Kriteria Pemimpin dalam Islam

Kriteria pemimpin dalam islam

JAKARTA, iNews.id - Sebentar lagi pesta demokrasi untuk memilih pemimpin di Indonesia akan berlangsung. Dua sosok calon yang akan bertarung dalam pemilu nanti punya kepribadian serta sifat berbeda, sehingga masyarakat memilih berdasarkan selera mereka.

Padahal Islam memiliki kriteria sendiri dalam memilih pemimpin. Salah satu model yang bisa dijadikan teladan dengan segala kelebihannya adalah Nabi Muhammad SAW karena memimpin dengan hari dan bisa dijadikan suri tauladan bagi umatnya hingga akhir zaman.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (QS Al-Ahzab:21)

Ada empat kriteria pemimpin dalam Islam pertama adalah sidiq atau jujur. Mungkin aspek ini menjadi yang paling dicari oleh masyarakat karena saat ini banyak pejabat yang terjerat kasus korupsi sehingga menyengsarakan masyarakat.

Namun jujur dalam Islam lebih luas lagi yakni menjalankan semua tugas secara terbuka tanpa kecurangan. Selain itu ada amanah yang berarti bertanggung jawab, tak hanya pada rakyat tapi juga Allah SWT.

Ketiga adalah fatonah yakni cerdas. Cerdas tidak hanya berurusan dengan masalah intelektual tapi jga handal dan taktis dalam menghadapi persialan. Dia juga harus mengakomodir semua lapisan masyarakat termasuk penghasut.

Terakhir ada tabligh yang dikatakan sebagai komunikasi yang jujur, bertanggung jawab, dan transparan. Sifat ini bisa dikatakan menutupi atau melindungi kesalahan.

Ilmu lebih lengkap soal kriteria pemimpin ini bisa didapat dengan menonton tayangan Cahaya Hati Indonesia pada Sabtu (13/4/2019) pukul 12.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut, tiga guru akan hadir yakni KH. Didin Hafidhuddin, Syeikh Fikri Thoriq, dan Ustadz Zacky Mirza jadi jangan sampai melewatkannya ya.


Editor : Dini Listiyani