Jadwal Keluar dari Penjara 9 Maret 2020, Ini yang Bikin Ridho Rhoma Bebas Lebih Cepat

Okezone ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 22:25 WIB
Jadwal Keluar dari Penjara 9 Maret 2020, Ini yang Bikin Ridho Rhoma Bebas Lebih Cepat

Ridho Rhoma mendapatkan keringanan hukuman. (Foto: Okezone/

JAKARTA, iNews.id – Penyanyi dangdut Ridho Rhoma akhirnya bisa bernapas lega karena bebas lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Menurut Kepala Rutan Salemba Masjuno, ada beberapa faktor yang membuat Ridho dirasa berhak mendapat keringanan hukuman.

“Tentu karena sudah terpenuhinya persyaratan-persyaratan. Persyaratan administratif dan persyaratan substantif,” kata Masjuno menanggapi bebas bersyaratnya Ridho Rhoma, Rabu (8/1/2019).

Masjuno menjelaskan poin apa saja yang membuat Ridho Rhoma mendapat keringanan hukuman lewat cuti bersyarat, di antaranya perilaku baik pria 30 tahun itu selama menghabiskan masa hukuman.

“Substantif yang dimaksud sudah berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan, tidak melakukan pelanggaran. Ya, inilah satu reward, haknya diberikan untuk mendapatkan fasilitas cuti bersyarat. Dengan kata lain, bebas sebelum waktunya dari yang seharusnya tanggal 9 Maret 2020,” kata Masjuno.

Menurut Masjuno, ketentuan tentang pemberian cuti bersyarat kepada tahanan sudah diatur dalam Undang-Undang. Sudah jadi hak setiap tahanan untuk mendapat keringanan hukuman andai dirasa berkelakuan baik.

“Sekarang bisa dilaksanakan. Berdasarkan regulasi, inilah satu reward, satu penghargaan. Haknya diberikan untuk mendapat cuti bersyarat,” tuturnya.

Oleh karenanya, Masjuno pun menegaskan bahwa pemberian cuti bersyarat bukan bentuk perilaku istimewa untuk Ridho Rhoma.

“Untuk info saja, tidak hanya Ridho hari ini, ada tiga orang rekan lainnya yang mendapatkan hak yang sama, pembebasan bersyarat,” ucap dia, dikutip dari Okezone.

Ridho Rhoma sejatinya baru dijadwalkan bebas pada 9 Maret 2020. Namun karena mendapat cuti bersyarat, masa hukuman putra raja dangdut Rhoma Irama menyusut hingga dua bulan.


Editor : Tuty Ocktaviany