Jalani Ujian Online Pukul 08.00, Anak Hanung Bramantyo Libur Puasa

Diaz Abraham ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 12:40 WIB
Jalani Ujian Online Pukul 08.00, Anak Hanung Bramantyo Libur Puasa

Hanung Bramantyo sahur sendirian. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Sutradara kawakan Indonesia, Hanung Bramantyo berkisah soal situasi yang dilalui kedua anaknya, yakni Kana Sybilla Bramantyo dan Kala Madali Bramantyo. Keduanya harus menjalani ujian secara online di tengah pandemi Covid-19 dan harus menghentikan berpuasa di bulan Ramadan pada satu waktu.

Melalui unggahannya di Instagram pribadinya, Hanung berkisah soal kedua anaknya yang selama Ramadan ini tidur larut hingga pukul 01.00 WIB. Menurutnya, hal ini terjadi karena mereka mengikuti kegiatan kedua orangtuanya yakni beribadah setelah berbuka puasa.

"Hari ini sahur sendiri entah kenapa anak-anak selalu tidur jam 1 malam. Mungkin karena Abi dan Bianya setelah taraweh, tadarus, dan aktifitas lainnya jam 11 malam. Lalu clean up beserta segala kerempongan lainnya mereka baru bablas tidur jam 1 malam," tulis Hanung di media sosial Instagram, dikutip iNews.id pada Rabu (13/5/2020).

Namun pada hari yang sama, kedua buah hati yang menggemaskan itu, Kana dan Kala untuk sementara tidak belajar berpuasa. Hal ini karena bila mereka harus sahur akan bangun siang hari, tepatnya pukul 12.00 WIB. Padahal keduanya akan menjalani ujian sekolah yang dilakukan secara online pukul 08.00 WIB.

“Maka dengan beraaat hati, @kana.sybilla dan @kalamadali belajar puasanya libur dulu deh. Berat sih.  Tapi ya mau bagaimana lagi. Gapapa. Insya allah, tahun depan ada kebijakan bahwa selama Ramadhan sekolah libur atau masuk jam 1 siang,” tulisnya.

Harapan ini bukan tanpa alasan. Sebab, dia berkaca dari pengalamannya ketika menginjak jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Dalam foto tersebut suami dari artis Zaskia Asya Mecca terlihat sendiri di meja makan saat melakukan sahur.

Pada momen tersebut, dia hanya memakan kurma. Pria berusia 44 tahun tersebut menjelaskan pada kolom caption dengan kelakar khasnya.

"Karena perut saya sudah viral maka saya putuskan untuk mengurangi asupan pangan gak penting sih! Di prek i wae lah," tulisnya kembali.

Momen Ramadan kali ini memang nampak berbeda dari sebelumnya. Sebab, umat Muslim menjalaninya di situasi pelik yakni adanya pandemi virus corona baru yang berdampak luas pada segala lini di dunia. Hingga berbagai negara berinisiatif untuk membatasi gerak masyarakat untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Editor : Tuty Ocktaviany