Jangan Lelah Ajak Anak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Rizqa Leony Putri ยท Sabtu, 05 Desember 2020 - 21:09:00 WIB
Jangan Lelah Ajak Anak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19
Biasakan pakai masker untuk mencegah Covid-19. (Foto: Istimewa)

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan, menurutnya, bisa menggunakan kearifan lokal. Metode ini akan jauh lebih diterima oleh masyarakat setempat. “Kita harus menggali budaya lokal sehingga masyarakat itu mengerti. Bukan membangkang. Ada keluarga yang kena, baru heboh. Kalau menyangkut pribadi, baru kita ngeh,” tuturnya.

Anak-anak, menurutnya, punya pertahanan yang lebih baik daripada orangtua umumnya. Namun, para orangtua tidak boleh menganggap sepele. Jika orangtua melihat ada gejala seperti flu, demam, batuk, dan sesak pada anak, sebaiknya segera membawa ke rumah sakit.

Hindra mengungkapkan, dalam kejadian luar biasa (KLB) seperti ini, anak-anak berpotensi mengalami dampak psikologi seumur hidup. Efek merugikan dari pandemi itu terjadi di seluruh dunia. Sebagian besar terjadi di lingkungan miskin dan kumuh. 

“Sebelum krisis, mereka sudah dalam keadaan yang tidak menguntungkan dan rawan,” ucapnya.

Dalam situasi seperti ini pencegahan itu lebih baik. Memang, ada orang yang hanya gejala ringan ketika terpapar Covid-19. Namun, banyak yang mengalami serangan dahsyat yang menyebabkan kematian. “Tanamkan hidup sehat. Kita harus menghentikan penyebaran virus terhadap orang lain,” ujarnya. (CM)

Editor : Tuty Ocktaviany