KPAI Gandeng Miss Indonesia 2018 Kampanyekan Perlindungan Anak

Siska Permata Sari ยท Kamis, 05 April 2018 - 18:00 WIB
KPAI Gandeng Miss Indonesia 2018 Kampanyekan Perlindungan Anak

Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menggandeng tokoh-tokoh berpengaruh, termasuk Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina, dan para artis Tanah Air untuk turut mengkampanyekan soal perlindungan anak pada masyarakat luas. Apa tujuannya?

Hal tersebut demi meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak yang menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

Ketua KPAI Dr. Susanto, MA mengatakan, Indonesia memiliki ragam isu terkait anak-anak, salah satunya tren kekerasan pada anak yang meningkat.

"Tren pelanggaran hak anak dari dua tahun ini semakin kompleks, kekerasan seksual pada anak lebih tinggi. Bahkan menurut data kami, anak laki-laki menjadi korban yang mendominasi dari kekerasan seksual," kata Susanto saat acara Bincang Perlindungan Anak di Kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).


Adapun alasan menggandeng para artis dan Miss Indonesia tahun ini adalah memperluas jangkauan masyarakat terkait perlindungan dan hak-hak anak untuk disosialisasikan.

Menanggapi banyaknya kasus kekerasan terhadap anak dan pengabaian hak anak, Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina merekomendasikan solusi untuk membentuk lingkungan masyarakat yang ramah anak.

"Salah satu rekomendasi saya adalah menciptakan lingkungan masyarakatnya yang ramah anak bersama lintas komunitas. Karena pada dasarnya, lingkungan masyarakat yang positif lah yang baik untuk perlindungan anak," ujar Alya.

Sebagai salah satu tokoh yang dipercaya mengkampanyekan pesan-pesan perlindungan anak, Alya mengaku bangga dan berkomitmen untuk membagikan atau sharing terkait edukasi dan perlindungan bagi anak melalui platform media sosialnya.

"Ada juga kegiatan sosial yang bersentuhan dengan anak-anak dan hak anak, bersama relawan yang melalui proses pembekalan kental akan informasi perlindungan anak. Ke depannya, saya ingin mengajak teman-teman pemuda bisa menyebarluaskan  informasi tentang ini (hak dan perlindungan anak)," jelas Alya.

Sementara Ketua KPAI Susanto berharap teman-teman di industri hiburan, seperti Miss Indonesia, Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) dan Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) yang turut hadir dapat berperan aktif terkait edukasi, pengawasan, kemitraan, dan lain-lain untuk perlindungan anak.

Editor : Tuty Ocktaviany