Lawan Pandemi Corona dengan Kreativitas, Desainer Iffah M Dewi Hadirkan Koleksi Ayem Ayom

Tuty Ocktaviany ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 22:57 WIB
Lawan Pandemi Corona dengan Kreativitas, Desainer Iffah M Dewi Hadirkan Koleksi Ayem Ayom

Desainer Iffah M Dewi hadirkan koleksi Ayem Ayom di tengah pandemi Covid-19. (Foto: IFC)

JAKARTA, iNews.id – Bisnis fashion ikut kena imbas dari pandemi virus corona baru (Covid-19) yang belum reda hingga kini. Namun, situasi tidak mematikan kreativitas para desainer di Indonesia untuk tetap berkarya agar usaha bisnisnya tidak mati.

Salah satunya yang dilakukan Iffah M Dewi, desainer yang bergabung dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC). Dengan berbasis di Yogyakarta, Iffah tidak kehabisan ide untuk menciptakan karya yang bisa diterima oleh pencinta mode.

Situasi pandemi yang terjadi saat ini menjadi inspirasi bagi Iffah dalam berkarya. Dia pun menciptakan ragam koleksi busana Ayem Ayom by Sogan Batik 2020.

“Koleksi ini menjadi pengingat diri sebagai seorang perempuan untuk terus berusaha menjadi ayu, ayom, ayem dan tentrem dalam menghadapi apa pun kemelut kehidupan duniawi,” katanya dalam keterangan pers yang diterima iNews.id pada Rabu (13/5/2020).

Dalam koleksinya kali ini, Iffah membagi dalam beberapa kategori. Ada ayu caftan teracota, ayem sleepwear teracota, ayom homedress teracota, dan tentrem sleepwear teracota.

“Ayu maknanya cantik. Perempuan yang utama adalah perempuan yang memiliki akhlak yang ayu. Untuk itu, caftan ini didesain sangat nyaman dikenakan di dalam dan luar rumah,” katanya.

Sementara koleksi ayem sleepwear teracota, model busananya berupa midi caftan. Busana ini lebih cocok dikenakan di rumah, nyaman untuk pakaian tidur atau istirahat.

“Ayem artinya tenang. Panik dan gelisah hanya dapat dihilangkan dengan cara mendekat kepada Sang Pencipta, maka tumbuhlah rasa tenang, kemudian dimampukan untuk menenangkan hati keluarga dan sekitar,” katanya terkait filosofi di balik koleksi ini.

Sementara itu koleksi ayom homedress teracota, banyak digambarkan lewat motif parang, canthing.

“Dengan perlambang canthing, kita menuliskan kebaikan demi kebaikan di dalam buku amal selama di dunia dengan ikhlas. Semata-mata mengharap ridho Allah SWT,” katanya yang menyebut harga koleksinya mulai Rp200 ribu tersebut.

Untuk koleksi tentrem sleepwear teracota, dihadirkan model-model mini caftan. “Tentrem artinya tentram. Ketentraman hadir ketika kita telah berserah diri. Setelah kita memberi ayom atau keteduhan dan ayem atau ketenangan, maka keluarga kita Insyaallah merasa tentram,” tuturnya.

Editor : Tuty Ocktaviany